Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berbohong

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda BerbohongFungsi.info – Siapa yang tidak pernah berbohong? Baik kebohongan yang berbentuk ringan, sedang, maupun berat, semua orang pasti pernah berbohong.┬áNamun tahukah Anda bahwa ketika Anda berbohong terjadi serangkaian hal di dalam tubuh yang mampu merusak kesehatan mental Anda? Inilah hal yang terjadi di dalam tubuh Anda saat Anda berbohong seperti dilansir dari shape.com.
1 Menit
Saat Anda berbohong, maka akan terjadi penekanan di dalam sistem saraf Anda yang akan melepaskan kortisol di dalam otak Anda. Jika kebohongan yang Anda lakukan cukup besar, maka akan terjadi peningkatan adrenalin di dalam jantung dan Anda pun mulai berkeringat. Otak pun akan mempersiapkan respon untuk membela diri.
5 Menit
Setelah beberapa menit berlalu, otak akan terus berpikir untuk ‘melindungi’ kebohongan yang Anda lontarkan. Hal ini cukup berat bagi otak sebab otak harus memecahkan masalah dan mengambil keputusan di saat yang sama. Itulah sebabnya ketika Anda berbohong pertama, maka akan terjadi kebohongan kedua untuk semakin menguatkan kebohongan Anda.
10 Menit
Karena waktu yang berlalu semakin banyak, maka Anda sudah berhasil menguasai otak dan diri Anda. Itulah sebabnya Anda pun bisa marah kepada orang yang Anda bohongi ketika mereka tidak mempercayai kebohongan Anda. Anda menyerang untuk mengalihkan fokus mereka pada kebohongan Anda.
30 Menit
Hormon stres ketika Anda berbohong telah hilang dan kemudian digantikan dengan hormon khawatir. Anda mulai merasa takut akan kebohongan Anda yang akan terbongkar,
24 Jam
Dalam kurun waktu ini, mungkin Anda sudah lupa akan kebohongan Anda. Namun bagi yang tidak terbiasa berbohong, maka di dalam otak Anda akan menempel perasaan negatif tentang ketidakjujuran. Hal ini bukan tidak mungkin akan membebani pikiran Anda.
72 Jam
Beban yang Anda dapatkan ketika berbohong mampu menyebabkan rasa cemas yang kronis. Selain itu sirkulasi hormon stres seperti kortisol di dalam tubuh Anda akan meningkat dan mengakibatkan kesusahan untuk berpikir secara jernih. Hal ini juga mampu menekan sistem kekebalan tubuh Anda. Akibatnya, kesehatan tubuh Anda pun akan terganggu.
Berbohong ternyata mampu memberikan begitu banyak hal negatif bagi kesehatan fisik maupun mental Anda. Jadi, kenapa Anda tidak menghilangkan hal buruk ini di dalam tubuh Anda?

Demikian artikel yang ane sadur dari merdeka edisi 26/03/2014.. salam Fungsi.info