Definisi dan Fungsi Kelenjar Tiroid

Definisi dan Fungsi Kelenjar TiroidFungsi.info - Kali ini kita akan mempelajari tentang suatu hormon yang ada dalam tubuh manusia dan kelenjar penghasil hormon sangat penting bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah kelenjar tiroid yang berfungsi mengatur kecepatan pembakaran energi dalam tubuh. Kelenjar ini juga berfungsi membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon yang lain. Mungkin banyak orang yang sangat asing dengan yang namanya kelenjar tiroid, termasuk salah satunya anda. Hal ini wajar karena organ ini kurang menjadi perhatian meskipun fungsinya sama penting dengan organ lain. Menurut penelitian, lokasi organ ini ada di bagian depan leher persis dibawah laring atau pita suara dan berbentuk seperti kupu-kupu.

Kelenjar tiroid digolongkan sebagai kelenjar endonkrin yang menghasilkan hormon tertentu. Hormon ini dibutuhkan tubuh manusia untuk menangani hal tertentu pula. Hormon yang diproduksi kelenjar tiroid adalah tiroksin, kalsitonin dan triodotironin. Dua hormon yang diawali huruf T tersebut berfungsi untuk metabolisme tubuh ketika berada di dalam darah. Hormon ini memicu sel tubuh untuk lebih banyak mengubah glukosa menjadi glikogen. Hal ini membuat fungsi hormon ini sangat penting. Jika hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid kurang dari yang dibutuhkan, maka tubuh akan cepat lelah, kulit kering dan berat badan bertambah. Namun jika sebaliknya terjadi, maka tubuh akan mudah berkeringat dan berat badan menurun drastis.

Kelenjar tiroid ini memang asing bagi masyarakat awam pada umumnya, meskipun fungsinya penting. Kurangnya pengetahuan ini mengakibatkan masyarakat tidak mengerti jika mengalami gangguan kelenjar tiroid dan baru pergi ke dokter setelah keadaannya menjadi kronis. Salah satu yang sering terkait dengan gangguan kelenjar tiroid adalah penyakit Gondok. Penyakit ini membuat leher seseorang membesar yang sebenarnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid yang memang letaknya ada di leher. Gangguan ini termasuk gangguan yang berhubungan dengan ukuran kelenjar. Kelainan pada kelenjar tiroid pada anak-anak dapat menyebabkan pertumbuhan berhenti, daya ingat dan pikir menurun bahkan kematian.

Menurut statistik, gangguan kelenjar tiroid paling banyak terjadi pada wanita daripada pria. Jumlahnya bisa mencapai lima kali lipa lebih banyak. Ini berarti kaum wanita harus lebih waspada terhadap penyakit yang disebabkan kelenjar tiroid. Salah satunya adalah dengan mengenali gangguan pada organ lewat ciri-ciri fisik pada leher. Jika pada bagian depan leher tampak membengkat atau ada tonjolan yang tidak normal, maka anda perlu waspada. Meskipun belum pasti, ini adalah pertanda adanya kelainan pada kelenjar tiroid. Yang harus dilakukan tentu saja mendatangi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih dini sehingga mudah penyembuhannya. Jangan ke dokter umum, namun ke dokter spesialis penyakit dalam karena umumnya gangguan kelenjar ini memerlukan analisis khusus.

Demikian artikel singkat tentang Definisi dan Fungsi Kelenjar Tiroid yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian jangan lupa kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..