Definisi dan Fungsi MRI Scan

Definisi dan Fungsi MRI ScanFungsi.info - Yang dimaksud dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging) adalah alat piranti diagnostik terbaru untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh kita dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio, tanpa operasi, penggunaan sinar X, ataupun bahan radioaktif. Dengan pemeriksaan MRI akan memungkinkan molekul molekul di dalam tubuh akan bergerak dan bergabung untuk membentuk sinyal-sinyal. Oleh anterna,sinyal tersebut akan dikirim dan diproses oleh komputer untuk menjadi gambaran yang jelas dari struktur tubuh bagian dalam.

Manfaat dari Piranti ini memungkinkan tampilan gambar yang dapat menunjukkan perbedaan yang sangat jelas dan lebih sensitif untuk menilai bentuk anatomi jaringan lunak dalam tubuh, terutama otak, sumsum tulang belakang, serta susunan saraf. Juga jaringan lunak dalam sistem organ tulang dan otot seperti otot,ligamen,tendon,tulang rawan, ruang sendi.
Amankah menggunakan peralatan ini ?
Tidak ada persiapan khusus untuk pemeriksaan MRI. Hanya saja pasien akan diminta untuk melepaskan beberapa benda logam seperti:
- dompet,kartu kredit dan kartu lainnya
- peralatan elektronik seperti telepon genggam
- alat bantu pendengaran (hearing aid)
- perhiasan atau jam tangan
- bolpen,klip kertas,kunci dan koin
- ikat rambut,bulu mata palsu
- baju yang memiliki kancing logam atau resleting logam
Seperti pada pemeriksaan radiologi dan CT Scan lainnya,kadang dokter memerlukan penyuntikan media intra vena untuk memperjelas kelainan yang ada di dalam tubuh. Untuk keperluan tersebut,sangatlah dianjurkan bagi pasien untuk puasa (tidak makan pada) 4 jam sebelum pemeriksaan. Dan untuk menghindari kemungkinan resiko penyuntikan kontras intravena terhadap fungsi ginjal,maka diperlukan penilaian fungsi ginjal ( pemeriksaan kadar ureum dan creatinine darah) sebelum dilanjutkan pemeriksaan. MRI dilakukan di ruangan khusus dan pasien akan diminta oleh petugas untuk berbaring di atas meja pemeriksaan sekitar 20-60 menit (tergantung dari bagian tubuh mana yang akan diperiksa). Selama posisi berbaring, akan terdengar bunyi dengungan mesin yang mungkin agak terasa kurang menyamankan. Saat pemeriksaan berlangsung,petugas akan memantau kondisi pasien. Setelah prosedur selesai dilakukan, pasien dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Fungsi dan Kegunaan MRI :

Deteksi dini kelainan otak dan syaraf tulang belakang
Deteksi dini dari kasus-kasus stroke
Deteksi kelainan otot sendi dan sumsum tulang
Deteksi dini kelainan organ reproduksi wanita
Pemeriksaan saluran empedu (MRCP)
Pemeriksaan pembuluh darah (MRA)

Demikian artikel singkat tentang Definisi dan Fungsi MRI Scan yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian jangan lupa kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..