Fungsi Agama bagi Kehidupan Manusia

Fungsi Agama bagi Kehidupan ManusiaFungsi.info - Masyarakat terdiri atas orang-orang yang menganut suatu agama tertentu termasuk dalam suatu komunitas atau golongan yang disebut umat. oleh karena itu di dalam masyarakat kita dapat menemui berbagai sebutan seperti umat islam, kristen, hindu dan budha dan lainnya.

Agama berbeda dengan ikatan lain, seperti keturunan, ras, suku bangsa atau pekerjaan. Agama merupakan bagian yang sangat mendalam dari kepribadian seseorang karena agama selalu bersangkutan dengan kepekaan emosional dan agama adalah hal yang sensitif dan sering dijadikan penghambat proses integrasi sosial terutama masyarakat majemuk yang memiliki bermacam-macam agama.

Agama juga memilki fungsi yaitu :

a. membatasi manusia untuk bersikap dan bertindak
b. mudah mengingat tuhan yang maha kuasa
c. menjadi pedoman hidup
d. memberikan kesejahteraan dan ketenangan batin
e. mempermudah berhubungan dengan tuhan.

Di setiap agama memiliki ajaran yang mengatur kehidupan bersama tanpa memandang ras, pangkat, derajat, jenis kelamin dll. Agama juga menjadi pengikat antar sesama manusia dan antar manusia dengan tuhan. bukankah akan lebih baik jika kita bersikap sesuai ajaran agama ?? itu lebih baik daripada bertindak tanpa memiliki agama untuk membimbing.

Demikian artikel singkat tentang Fungsi Agama bagi Kehidupan Manusia yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..