FUNGSI BAGIAN PADA MESIN JAHIT

FUNGSI BAGIAN PADA MESIN JAHITFungsi.info - Hai guys sekian lama tidak pernah berbagi ilmu melalui website ini, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi bagian pada mesin jahit yang perlu kita tahu terutama untuk penjahit pemula langsung saja sebagai berikut :

Dudukan jarum
Dudukan jarum mesin jahit merupakan tempat memasang jarum jahit yang biasa bergerak keatas dan kebawah saat mesin dijalankan.
Sepatu mesin jahit
Sepatu mesin jahit berguna untuk menjepit kain saat proses menjahit berlangsung. Dalam kegiatan jahit menjahit dikenal berbagai macam jenis sepatu mesin jahit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
Gigi mesin jahit
Gigi mesin jahit terletak tepat di bagian bawah sepatu mesin jahit. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai penggerak atau pendorong kain disaat menjahit.
Tuas pengatur jarak jahitan
Sesuai dengan namanya, fungsi utama bagian ini adalah untuk mengatur panjang pendek maupun renggang rapatnya jarak setikan suatu jahitan. Pengaturan dapat dilakukan dengan mengatur tombol penyetel panjang setikan yang terletak pada badan mesin. Angka 6-7 untuk setikan renggang, angka 12-15 untuk setikan sedang yang biasa digunakan, serta angka 20-30 untuk setikan paling rapat.
Roda spul
Roda spul pada mesin jahit berguna untuk mengisi spul dengan benang jahit, ketika spul hendak digunakan.
Spul Mesin Jahit
Spul merupakan bagian mesin jahit yang berfungsi sebagai pengisi benang bawah.
Sekoci
Komponen berukuran kecil pada mesin jahit yang berbentuk menyerupai perahu ini berfungsi sebagai tempat meletakkan kumparan benang yang berada di bawah jarum. Setelah spul dimasukkan ke dalam skoci, selanjutnya alat ini dipasang pada rumah sekoci.
Roda imbang
Pada mesin jahit kuno, roda imbang yang terletak pada bagian sebelah kanan mesin jahit memiliki peran yang sangat penting yaitu berguna untuk memulai dan memberhentikan mesin jahit.
Pedal Mesin Jahit
Pedal mesin jahit merupakan bagian yang berguna untuk menjalankan mesin jahit. Cara kerja dari alat ini adalah dengan cara di injak mengunakan kaki.
Tiang dudukan benang
Bagian ini merupakan tempat untuk menyimpan gulungan benang yang digunakan selama proses berlangsungnya kegiatan jahit menjahit.

Terima kasih semoga bermanfaat bagi kita semua

sumber