Fungsi dan Kegunaan Conveyor

Pada saat ini teknologi conveyor sudah umum terdapat di industri, pada awalnya ide menciptakan teknologi ini terjadi kendala pada proses pemindahan raw material ataupun finished good pada industri pertambangan, yang sarat dengan tenaga manusia, yang sangat melimpah jumlahnya pada saat itu. Tetapi karena terkendala dengan produktivitas tenaga manusia yang tidak konsisten dan banyaknya tenaga kerja yang sakit, maka manusia mulai berpikir tentang cara pemindahan barang yang lebih efektif dan konsisten, lalu digunakannya rel dan gerobak kereta yang tidak terlalu banyak menguras tenaga manusia, sebelumnya menggunakan tenaga manusia dalam pemindahan dengan diangkat dengan menggunakan ember pada awalnya. Saat sekarang ini teknologi conveyor sudah digunakan dalam industri pertambangan, dan jumlah tenaga kerja yang digunakan berkurang cukup signifikan sesuai dengan semakin banyaknya conveyor yang digunakan.
Conveyor adalah alat yang dapat memindahkan barang, dimana barang diletakkan diatas belt yang diputar oleh drum yang digerakkan oleh motor, bagaimana belt ini dapat berputar yaitu dengan diletakkannya drum pada awal sampai akhir meja conveyor, sehingga belt dapat dililitkan dengan menyambung ujung belt dengan ujung yang lain, selain itu terkadang drum yang digunakan hanya diletakkan diawal dan akhir meja conveyor karena bagian tengah meja conveyor hanya diberikan plat besi sebagai alas belt.
Conveyor dapat digunakan mengangkut berbagai macam barang dari besar sampai kecil, baik itu mobil, makanan, minuman, koper dll. Pada saat sekarang ini sudah banyak digunakan pada industri-industri di tanah air, yang penggunaannya sudah banyak di implementasikan dalam berbagai fungsi yang luas, hampir seluruh bidang industri berskala menengah keatas yang memanfaatkan penggunaan conveyor ini, tetapi bila kita melihat industri kecil kita dapat melihat berbagai proses pemindahan masih banyak menggunakan tenaga manusia hal ini dikarenakan industri kecil masih dalam tahapan perkembangan baik itu dalam demand dan teknologi, sehingga proses produksinya tidak membutuhkan conveyor. Lain bila kita melihat indutri di jepang pada umumnya sangat tergantung dengan teknologi karena jumlah tenaga kerja yang sedikit dan mahal, sangatlah berlawanan dengan keadaan kita disini yang jumlah tenaga kerjanya melimpah dan murah. Conveyor sangat banyak fungsinya dalam membantu proses dalam industri dan penggunaannya digabung-gabung dengan berbagai macam fungsi sebagai berikut :
Proses pemindahan raw material keruang produksi, yang sangat banyak digunakan berbagai industri terutama industri makanan, minuman, semen, botol, lampu, pertambangan dan lain-lain.
Proses pemindahan finished good, terjadi setelah proses produksi menjadikan raw material sudah selesai dan menjadi finished good, lalu barang dipindahkan di gudang, dimana barang siap packaging.
Proses produksi yang banyak melakukan tahapan-tahapan dalam proses produksinya, yang dalam proses pemindahannya dilakukan oleh conveyor yang telah diselaraskan dengan proses produksinya agar dapat cepat dan akurat hasil produksinya.
Banyak industri yang sudah mengimplementasikan semua proses pemindahan seperti diatas, bahkan penggunaan forklift sudah banyak berkurang, hanya digunakan pada proses memasukkan finished good ke dalam container, yang sangat mengagumkan bahkan sudah ada industri yang menerapkan hal ini sehingga dengan sedikit orang sudah dapat menjalankan industri dengan baik dan cepat.

Demikian artikel singkat tentang Fungsi dan Kegunaan Conveyor  semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir lagi disini..