Fungsi dan Manfaat Lapisan Ozon

Fungsi dan Manfaat Lapisan OzonFungsi.info - Tahukah kalian apa manfaat ozon (O3) di atmosfer ? Ozon adalah lapisan gas pembentuk udara yang berguna untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari dipantulkan kembali oleh lapisan ozon. Sinar ultraviolet yang berhasil masuk ke permukaan bumi akibat lapisan ozon yang rusak membahayakan bagi kelangsungan makhluk hidup di bumi.

Pada saat ini lapisan ozon di atmosfer dilaporkan telah menipis. Hal ini disebabkan karena ulah manusia yang berlebihan dalam menggunakan zat kimia berupa chlorofluorocarbon (CFC). Zat CFC banyak digunakan pada alat semprot otomatis, pendingin udara (AC), dan lemari es.

Berikut salah satu manfaat lapisan Ozon adalah:

1. menyaring sinat Ultraviolet yang dipancarkan oleh Matahari

2. Melindungi bumi dari sinar matahari yang sangat panas, sehingga bumi tidak kepanasan.

Sebagai generasi penerus, kita harus peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan cara menghindari penggunaan alat-alat yang menghasilkan CFC agar lapisan ozon tetap lestari. Lapisan ozon sangatlah berguna untuk kehidupan manusia maka dari itu kita harus menjaga lapisan ozon agar tetap bisa menyaring sinar Ultraviolet yang dipancarkan Matahari

Demikian artikel singkat tentang Fungsi dan Manfaat Lapisan Ozon yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian jangan lupa kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..