Fungsi dan Manfaat Nitrogen bagi Kendaraan

Fungsi dan Manfaat Nitrogen bagi KendaraanFungsi.info - Saat ini Nitrogen sudah mulai banyak ditemukan di setiap SPBU, bahkan tersedia pula layanan lainnya, seperti tambal ban dan semir ban, bahkan konsultasi tentang tips dan trik perawatan ban bagi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Jasa pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraan bermotor, tidak hanya untuk mobil, juga menyasar pemakai sepeda motor. Pengendara semakin sadar akan pentingnya gas nitrogen untuk menjaga kenayaman, keamanan dan keawaten ban. Banyak manfaatnya, sama dengan mobil. Karena kandungan airnya sangat rendah, pelek tidak cepat berkarat. Karena tekanannya stabil, daya tahan ban lebih baik.

Khusus untuk sepeda motor, masih banyak anggapan kurang tepat  terkait dengan nitrogen. Berikut anggapan tersebut dan kenyataan:

  • Nitrogen tidak bisa dipakai pada pelek jari-jari . Fakta, justru membuktikan, dengan nitrogen pelek tidak cepat berkarat.
  • Dengan mengisi nitrogen, ban jarang kempes. Asumsi tersebut benar. Kandungan air pada nitrogen sangat rendah, sehingga tekanan bisa stabil pada berbagai kondisi (suhu).
  • Ban lebih awet. Benar!  Hal tersebut diperoleh karena tekanan ban stabil, tidak mudah memuai dan benjol karena benturan.
  • Keretakan pada ban bisa diantisipasi
  • Nitrogen hanya untuk ban tubeless. Salah! Pada dasarnya semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil.
  • Ban dengan ban dalam justru lebih cocok menggunakan nitrogen yang stabil atau tidak akan memuai.
  • Nitrogen membuat sepeda motor ringan. Tidak sepenuhnya benar! nitrogen lebih ringan  5%  dari udara biasa.

Tips dalam mengisi nitrogen

  • Ketika akan mengisi nitrogen (pertama kali), buang dulu angin yang lama secara menyeluruh. Tujuannya untuk mencegah molekul gas yang tediri dari berbagai unsur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur dengan udara biasa, menyebabkan tekanan ban mobil / motor kurang stabil. Sebaiknya kuras secara manual dengan membuka tutup pentil dari ban. Alat untuk membuang angin biasanya digunakan oleh usaha jasa pengisi nitrogen.
  • Tekanan nitrogen pada ban, berkisar 31-33 Psi. Sesuaikan tekanan dengan medan yang akan dilalui. Jika banyak lubang dan panas, tekanan sebaiknyadikurangi.
  • Periksa tekanan setiap 5-7 hari. Lebih baik menguras total nitrogen ketimbang hanya menambah saja

Demikian artikel tentang Fungsi dan Manfaat Nitrogen bagi Kendaraan yang saya ambil dari sumbernya semoga bermanfaat bagi kita semua… Dan kunjungi selalu Fungsi.info untuk info-info lainnya..