Fungsi dan Manfaat Tinta pada Cumi – Cumi

Fungsi dan Manfaat Tinta pada Cumi - CumiFungsi.info - Cumi-cumi merupakan salah satu hewan laut dari keluarga Loliginidae, kelas Cephalopoda yang berarti “kaki dikepala”. Dalam bahasa Latin, cumi dikenal dengan istilah Loligo spp, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan squid. Di Indonesia, cumi dikenal dengan beberapa istilah, seperti : cumi-cumi, enus, nus, sotong, atau sontong bunga.

Panjang badan cumui-cumi dapat mencapai 45-50 cm, tetapi pada umumnya 20-30 cm. Disekitar mulut terdapat 8 tangan agak pendek dan 2 tangan yang agak panjang. Di bawah kulit cumi-cumi, terdapat kantong-kantong pigmen elastis yang disebut kromatofora. Wan=rna pigmen utamanya adalah kuning, merah, hitam, dan coklat.

Cumi merupakan salah satu jenis hewan laut yang banyak diminati masyarakat, terutama bagi para penggemar seafood dan chinese food. Di pasaran cumi umumnya dijual dalam dua bentuk segar dan bentuk kering asin.

Cumi segar umumnya diolah dengan cara dipanggang (cumi bumbu bakar), digoreng (cumi goreng biasa, cumi goreng tepung, celamari, tumis cumi), direbus (guali cumi, kalio cumi, cumi tomat hijau, cumi garam asam), campuran sayur (cumi labu siam, cah kangkung cumi, capcay, hot plate), atau campuran sop (sop cumi udang sawi). Di Jepang cumi segar sering diolah menjadi sushi atau sashimi.

Cumi kering umumnya dijual delam dua bentuk, yaitu bentuk lembaran dan bentuk gelondongan (bulat). Cumi asin bentuk lembaran rasanya tidak terlalu asin, sehingga bisa digoreng dan dimakan sebagai lauk atau snack. Cumi kering gelondongan rasanya sangat asin sehingga perlu direndam dengan larutan garam encer sebelum diolah, agar menjadi lebih tawar.

Cumi-cumi memiliki kandungan zat gizi yang luar biasa, berikut di sajikan komposisi zat gizi pada 100 gram cumi-cumi.

Jenis zat gizi

Kadar

Energi (kkal)

175

Air (g)

63,5

Protein (g)

17,9

Lemak total (g)

7,5

Asam lemak jenuh (g)

Asam lemak tidak jenuh tunggal (g)

Asam lemak jenuh ganda (g)

Kelosterol (mg)

1,9

2,7

2,1

260

Karbohidrat (g)

7,8

Abu (g)

1,6

Kalsium (mg)

39,0

Fosfor (mg)

251,1

Besi (mg)

1,0

Natrium (mg)

305,8

Kalium (mg)

279,0

Magnesium (mg)

38,0

Seng (mg)

1,7

Tambaga (mg)

2,1

Selenium (mkg)

51,8

Retinol (mkg)

11

Tiamin (mkg)

0,06

Riboflavin (mkg)

0,46

Niasin (mkg)

2,60

Asam folat (mkg)

9,00

Vitamin B12 (mkg)

1,23

Vitamin C (mg)

4,20

Asam pantotenat (mg)

0,51

Dan komposisi asam amino pada 100 gram cumi-cumi

Asam amino

Kadar (g/100g bahan)

Isoleusin

0,78

Leusin

1,27

Lisin

1,31

Metionin dan Sistein

0,64

Fenilalanin dan Tirosin

1,23

Treonin

0,76

Triptofan

0,20

Valin

0,78

Arginin

1,29

Asam glutamat

2,59

Asam aspartat

1,70

Alanin

1,07

Glisin

1,11

Tinta Cumi-cumi

Cairan tinta cumi-cumi bersifat alkaloid sehinggaa tidak disukai oleh predator, teutama ikan. Cairan berwarna gelap ini mengandung butir-butir melanin atau pigmen hitam. Melanin alami adalah melanoprotein yang mengandung 10-15 persen protein. Melanin juga mengingkat protein melalui asam amino yang mengandung sulfur yaitu sistein.

Perubahan warna pada kulit cumi-cumi karena adanya kromatofor yang merupakan kantong elastis berisi pigmen merah atau kuning. Sel-sel pigmen yang elastis ini dikelilingi ikatan sel-sel otot yang dapat berkontraksi dengan cepat sehingga sel-sel pigmen menjadi besar dan warnanya lebih jelas. Mekanisme inilah yang membuat cumi-cumi  dapat berubah warna dengan cepat bila mendapat rangsangan dari luar.

Selama ini tinta cumi-cumi belum banyak dikenal, terutama dalam industri jasa boga. Namun di Indonesia sudah ada cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya. Di daerah Cirebon ada warung nasi jamblang yang terkenal dengan masakan blekuthak (cumi-cumi) yang dimasak hitam. Di warung-warung nasi megono di Pekalongan, sebagian besar juga menyediakan masakan cumi yang dimasak dengan tintanya. Selain itu tinta cumi juga diaplikasikan ke dalam berbagai makanan, seperti mi hitam, burger hitam, dll.

Sedangkan di Jepang, kantong tinta cumi-cumi (sepio melanin) yang berwarna hitam dipakai sebagai pengawet dan peningkat cita rasa pada cumi asin. Di Kuba ada hidangan yang disebut arroz con calamares, yaitu nasi liwet yang ditanak dengan bumbu, ditambah cumi yang dipotong-potong dan disertai tinta hitamnya.

Khasiat Tinta Cumi-cumi

Mengkonsumsi tinta cumi juga memiliki manfaat yang sangat baik baik kesehatan. Hal tersebut disesbabklan tinta cumi mengandung melanin atau pigmen hitam. Melanin alami adalah melanoprotein yang mengandung 10-15 persen protein. Dalam hal ini, tinta cumi juga merupakan salah satu sumber protein yang baik, sama baiknya dengan kandungan protein pada bagian dagingnya.

Selain itu, tinta cumi juga membunuh bakteri patogen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tinta cumi-cumi dari jenis Sepioteuthis lessoniana mempunyai efek penghambat (inhibitor) terhadap bakteri Staphylococcus aureus, serta memiliki sifat fisiko kimia yang mirip dengan lisosim.

Penelitian dilakukan oleh Hiroki University di Jepang menunjukkan bahwa tinta cumi-cumi dan sotong mempunyai banyak keguaan, antara lain dapat mengaktifkan sel darah putih untuk memerangi tumor. Hal tersebut telah diujicobakan pada 15 ekor tikus yang mengidap penyakit tumor ganas. Tikus itu diberikan suntikan tiga dosis cairan tinta sotong. Hasil dari penelitian tersebut adalah hanya tiga ekor tikus yang mati, sisanya tetap hidup. Sebagai kontrolnya, digunakan 15 ekor tikus lainnya yang juga mengidap penyakit tumor ganas tetapi tidak diberikan suntikan tinta sotong. Hasilnya adalah semua tikus kontrol mati dalam jangka waktu tiga minggu.

Walaupun tinta cumi jarang sekali dikonsumsi mentah, kita tidak perlu khawatir akan kehilangan khasiatnya karena proses pemanasan. Proses pemasakan yang benar tidak akan menurunkan aktivitas antitumor yang ada pada tinta cumi. Berdasarkan hasil penelitian Sasaki dkk yang dimuat pada Journal Nutrition Science Vitamonology 1997, disebutkan bahwa proses pemasakan pada suhun 100oC selama 10 menit tidak akan menurunkan aktivitas antitumor yang ada pada tinta cumi.

Demikian artikel tentang Fungsi dan Manfaat Tinta pada Cumi – Cumi yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..