Fungsi Iris Mata atau selaput Pelangi

Fungsi Iris Mata atau selaput PelangiSecara anatomis, iris mata merupakan bagian yang paling depan dari lapisan fuvea. Struktur ini muncul dari badan siliar dan membentuk sebuah diafragma di depan lensa. Iris mata juga memisahkan bilik mata depan dan belakang. Celah di antara iris kiri dan kanan dikenal sebagai pupil.
Iris mata disusun oleh jaringan ikat longgar yang mengandung pigmen dan kaya akan pembuluh
darah.
Permukaan depan iris yang menghadap bilik mata depan (kamera okuli anterior) berbentuk tak teratur dengan lapisan pigmen yang tak lengkap dan sel-sel fibroblas. Permukaan posterior iris tampak halus dan ditutupi oleh lanjutan 2 lapisan epitel yang menutupi permukaan korpus siliaris. Permukaan yang menghadap ke arah lensa mengandung banyak sel-sel pigmen yang akan mencegah cahaya melintas melewati iris. Dengan demikian cahaya akan terfokus masuk melalui pupil.
Pada iris mata terdapat 2 jenis otot polos, yaitu otot dilatator pupil dan otot sfingter/konstriktor pupil. Kedua otot ini akan merubah diameter pupil. Otot dilatator pupil yang dipersarafi oleh persarafan simpatis akan melebarkan pupil, sementara otot sfingter pupil yang dipersarafi oleh persarafan parasimpatis akan memperkecil diameter pupil.
Jumlah sel-sel melanosit yang terdapat pada epitel dan stroma iris mata akan mempengaruhi warna mata. Bila jumlah melanosit banyak mata tampak hitam, sebaliknya bila melanosit sedikit mata tampak bewarna biru. Jadi melanosit inilah yang mengatur warna mata.
Demikian artikel mengenai Fungsi Iris Mata atau selaput Pelangi semoga bermanfaat dan kunjungi fungsi – fungsi lainnya hanya disini.