Fungsi Kalsium dan Manfaatnya

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Salah satu fungsinya adalah membentuk tulang dan menjaganya agar tetap kuat. Tetapi ingat fungsi kalsium bukan hanya untuk tulang, Sembilan puluh sembilan persen (99%) kalsium berada di tulang atau gigi sedangkan 1% sisanya bersikulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan (www.calsiuminfo.com).Kalsium di butuhkan dalam, proses metabolisme tubuh, transmisi syaraf,pengaturan detak jantung,kontraksi otot,membantu pembentukan energi,membantu proses pembuahan,mempercepat pembekuan darah, mengaktifkan siatem pertahanan tubuh,dan lainnya. Jadi: SALAH BESAR ! JIKA BERANGGAPAN KALSIUM HANYA UNTUK TULANG

FUNGSI KALSIUM DALAM TUBUH

Organ jantung merupakan organ yang berpengaruh langsung terhadap hidup matinya manusia, jika organ jantung tidak berdetak,maka darah tidak mengalir,dan hidup manusia pun akan berakhir.

Tahukah anda apa yang membuat jantung bergerak? Kalsium.! Ketika jantung mengerut (constrict) ion kalsium mengatur ritmenya,jika kita Lihat ke dalam sel otot jantung,kita akan melihat ketika kalsium masuk ke dalam sel,mineral ini akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung,dan ini membuat otot jantung mengempis dan mengembang terus-menerus dan membuat kita tetap hidup .Kekurangan kalsium akan melemahkan kemampuan otot jantung untuk mengembang dan mengempis dan menyebabkan
berbagai penyakit jantung .Beberapa test membuktikan ketika kita memberikan ion kalsium kepada jantung yang lemah,jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaga,sehingga ini menunjukkan betapa pentingnya kalsium dalam menjaga detak jantung.

KALSIUM DALAM GAIRAH SEKSUAL DAN KESUBURAN

Dalam proses pembuahan,sperma bergerak ke ovum dengan energi yang diberikan oleh kalsium. Para ilmuwan tercengang mengetahui bahwa ternyata Komponen kalsium berada di ujung depan sperma.Dan kalsium inilah yang membantu masuk ke dalam membran sel telur.Ketika sperma mencapai sel ovum,maka fertilisasi akan segera terjadi.Selanjutnya kalsium juga berperan untuk menciptakan calsium vibration (getaran kalsium) yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan (fertilisasi).

Demikian artikel tentang Fungsi Kalsium dan Manfaatnya semoga bermanfaat..