Fungsi Keyboard

Fungsi Keyboard adalah sebagai suatu alat input yang memiliki berbagai macam tombol yang mana setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, fungsi keyboard itu sendiri sangat tergantung dari tombol-tombolnya yang digunakan. Seperti misalkan fungsi keyboard yang digunakan untuk mengetik maka tombol-tombol terutama tombol huruf dan angka akan menghasilkan huruf atau angka sesuai dengan yang tertera pada tombol keyboard tersebut. Fungsi keyboard yang lainnya juga dapat sebagai alat untuk pengoperasian atau penginputan suatu perintah yang ditujukan kepada aplikasi atau softwere tertentu yang terdapat pada komputer.

Fungsi keyboard di sini memang penting sekali. Jika sebuah komputer tidak memiliki keyboard maka tentu sebagian aplikasi atau softwere komputer tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat digunakan.

Dalam penjelasan tentang fungsi keyboard di atas, tentu tombol-tombol yang ada pada keyboard tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan tentang fungsi keyboard berdasarkan fungsi tombolnya yaitu :

a. fungsi keyboard berdasarkan tombol ketik yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yang kemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebut berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.

b. fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol yaitu salah satunya dapat menghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan dengan tombol yang lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan bersama-sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkan suatu huruf atau angka.

c. fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikan dengan aplikasi atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika di tekan maka akan memunculkan menu bantuan (Help) sesuai dengan softwere yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1 sampai F12 yang tersusun secara berderet.

d. fungsi keyboard berdasarkan Tombol alternate yaitu seperti tombol Enter berfungsi untuk memulai kembali suatu paragraf baru saat mengetik atau untuk memilih suatu perintah tertentu yang muncul pada aplikasi yang dijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk meng-cancel suatu dialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.

e. fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Down yang berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untuk men-scrool layar ke atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letak kursor ke bagian akhir baris. Tombol Left berfungsi untuk pemindahan ke kiri dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Right berguna untuk pemindahan kursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter. Dan lain sebagainya.

Dan itulah beberapa fungsi keyboard berdasarkan tombol-tombol yang ada pada keyboard. Terima kasih telah membaca artikel tentang fungsi keyboard ini. Semoga bermanfaat.