Fungsi Lambung

Organ Lambung adalah organ yang mempunyai peran atau fungsi penting di dalam tubuh. Lambung terdiri dari tiga bagian yaitu Kardia, Fundus dan Antrum. Dinding organ lambung terdiri dari empat lapisan yaitu Mucosa, Submucosa, Muscularis dan Serosa. Jika kita lihat organ tubuh manusia ini berbentuk seperti kandang kedelai. Secara umum Fungsi Organ Lambung adalah untuk mencerna dan sedikit menyerap sari-sari semua makanan yang dikonsumsi oleh kita.

Adapun peran atau fungsi lain dari organ lambung dintaranya adalah:

1. Memproses dan mengubah protein menjadi peptone.

2. Lemak yang masuk ke dalam tubuh akan mulai dicerna di dalam organ lambung.

3. Membekukan susu dan mengeluarkan kasein.

4. Semua makanan yang kita konsumsi atau kita makan akan dicairkan dan dicampurkan dengan asam hidroklorida. Jika semua itu telah dilakukan, usus siap untuk mencerna cairan-cairan yang datang dari organ lambung.

Namun jika lambung sudah terluka atau sudah terserang bakteri, maka organ ini tidak akan berfungsi atau bekerja dengan baik, dan akan menimbulkan berbagai penyakit di  dalam  tubuh, diantaranya adalah:

1. Maag atau Gastritis

Jika di dalam organ lambung anda terdapat bakteri Helicobacter Pylori lalu melukai dinding lambung anda maka akan timbul penyakit, yaitu penyakit maag. Akan timbul berbagai gejala seperti mual, muntah, sendawa, dan ulu hati merasa terbakar. Jika penyakit ini sudah parah atau kronis akan menimbulkan komplikasi atau menimbulkan penyakit-penyakit lain, seperti penyakit kanker lambung dan penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian.

2. Kolik

Kolik merupakan penyakit yang mungkin masih asing bagi anda. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak bayi, yang ditandai dengan menangis yang sangat kuat, perut  bayi merasa nyeri, dan rewel. Penyebab timbulnya penyakit ini adalah karena adanya bakteri Klebsiella pada organ lambung si anak bayi dan biasanya terjadi peradangan pada lambungnya.

Itulah sedikit penjelasan tentang peran atau fungsi organ lambung, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.