Fungsi Matahari dan Manfaatnya

Matahari sangat dibutuhkan bagi seluruh penghuni alam ini baik yang teletak diatas bumi maupun penghuni perut bumi ini. Manfaat matahari dengan sinarnya mempunyai multi fungsi kesegala aspek gerak-gerik yang ada di bumi ini. Dengan peran melalui pemanasan, pengurai zat yang kental, penerobos pori-pori tanah maupun air dan udara, semua beraktifitas karena manfaat matahari.

Fungsi dan Manfaat Matahari

Manfaat Matahari dengan terobosan sinar paginya sebagai penawar infeksi dan pembunuh bakteri. Matahari sanggup membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Itu berguna untuk perawatan tuberkulosis (tbc), erisipelas, keracunan darah, peritonitis, pnemonia, mumps, asma saluran pernafasan. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dibinasakan oleh sinar ultraviolet. Infeksi jamur, termasuk candida, bereaksi terhadap sinar matahari. Bakteri di udara dibinasakan dalam 10 menit oleh sinar ultraviolet.

Manfaat Matahari melalui sinarnya meningkatkan kebugaran pernafasan. Sinar matahad bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot-otot sewaktu gerak badan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.

Manfaat Matahari dapat menolong dalam pembentukan dan memperbaiki kondisi tulang-tulang. Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal). Manfaat matahari meningkatkan beberapa jenis kekebalan. Sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) bertambah. Pengaruh ini bertahan sampai 3 minggu. Nitrofil membunuh kuman-kuman lebih cepat setelah pernafasan dengan sinar matahari. Sepuluh menit di.bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu mengurangi flu 30-40 persen.

Ya, sinar matahari sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kita maupun tanaman hutan maupun holtikultura. Kalau kita menanam bawang atau sayuran dengan dihalangi atau dibawah pohon rindang, hasilnya akan minim sekali jika dibandingkan dengan tanaman yang langsung terbuka dengan matahari. Cari dan praktekkan dalam kehidupan se hari-hari bagaimana manfaat matahari itu. Demikian artikel tentang Fungsi Matahari dan Manfaatnya yang ane ambil dari berbagai sumber ini semoga bermanfaat..