Fungsi Protein dan Manfaatnya bagi Tubuh

Fungsi Protein dan Manfaatnya bagi TubuhManfaat protein untuk tubuh sangat besar. Kandungan protein dalam tubuh manusia mencapai 1/6 dari berat tubuh manusia. Protein sangat penting untuk perkembangan setiap sel dalam tubuh dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh.

Sebagai salah satu gizi yang sangat dibutuhkan oleh manusia, protein sangat penting di masa pertumbuhan. Asupan protein yang cukup juga dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, regenerasi sel hingga mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh.

Protein juga memiliki fungsi utama untuk membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam aminonya. Kekurangan protein pada anak-anak dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan. Selain itu, kekurangan protein juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit seperti misalnya kwashiorkor dan marasmus.

Kwashiorkor biasanya diderita oleh bayi dan anak pada usia enam bulan sampai tiga tahun. Ciri anak yang terkena penyakit ini diantaranya mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan, memiliki wajah yang sembab dan otot yang kendur, muka seperti bulan, serta rambut yang kemerahan dan rapuh.

Jika penderita kwashiorkor yang tidak kelihatan kurus, maka pada penderita penyakit marasmus, biasanya terlihat sangat kurus dan tampak lebih tua dari pada usia sebenarnya. Penyakit ini terjadi pada anak yang menderita kekurangan kalori dan protein.

Untuk itulah penting bagi Anda dan keluarga untuk tetap memperhatikan asupan gizi setiap harinya. Protein dapat Anda peroleh pada makanan yang mungkin sehari-harinya Anda temukan atau bahkan Anda konsumsi.

Beberapa sumber protein diantaranya adalah susu, daging, ikan, telur, jagung, kentang, tumbuhan yang berbiji. Protein juga terbagi menjadi dua, yakni protein nabati dan hewani. Keduanya sama pentingnya bagi tubuh.

Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Bahan makanan yang mengandung protein ini diantaranya adalah daging, telur, dan susu hewan. Sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan, seperti buah-buahan dan kacang.

Meski protein sangat diperlukan bagi tubuh, namun asupan nutrisi lainnya pun harus tetap Anda diperhatikan. Pastikan asupan protein Anda sehari-hari tercukupi untuk mendapatkanmanfaat protein yang maksimal.

Demikian artikel tentang Fungsi Protein dan Manfaatnya bagi Tubuh semoga menjadi manfaat bagi kita semua..amin