Fungsi Radiator

Radiator adalah suatu bagian atau komponen dari system pendinginan yang menggunakan system pendinginan air. karena itu fungsi radiator adalah mendinginkan mesin. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kedaraan bermotor (roda dua atau roda empat), namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesin mesin yang memerlukan pendinginan exstra. Seperti pada mesin mesin produksi atau mesin mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin.

Bahan Radiator

Bahan bahan dari radiator adalah berupa pipa yang terbuat dari logam, yang diantaranya seperti :

- Kuningan & Tembaga
Logam yang terbuat dari Kuningan dan tembaga merupakan bahan logam yang dapat menyerap panas sehingga cocok untuk dijadikan bahan radiator. Biasanya yang memakai kuningan dan tembaga ini adalah mobil keluaran lama.

- Alumuminium
Untuk kendaraan jenis atau keluaran terbaru wrata rata memakai bahan alumuminium untuk radiator bahan aluminium terbukti dapat meredam panas sehingga air yang terdapat dalam radiator cepat dingin. Selain itu alumuminium dapat lebih lama mencegah karat dibandingkan dengan logam yang lain.

Bagian bagian radiator :

Tutup radiator
Terletak di bagian atas radiator, berfungsi untuk mendapatkan pendinginan yang lebih baik.

Tangki atas
Berfungsi sebagai penampung air panas yang berasal dari mesin.

Kisi kisi radiator
Kisi kisi radiator terdiri dari pipa saluran air yang menghubungkan tangki atas dan bawah dan sirip sirip pendingin yang berfungsi sebagai penyerap panas.

Tangki bawah
Berfungsi sebagai penampung air yang telah didinginkan dan akan disalurkan kembali ke mesin. Pada tangki bawah terdapat saluran pembuangan.

Demikian artikel singkat radiator adalah dan fungsi radiator, semoga bermanfaat