Fungsi RAM Komputer

Fungsi RAM komputer ( Random Acces Memory ) adalah sebagai memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer, Fungsi RAM adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing. salah satu Hardware utama yang Harus ada untuk kelengkapan suatu rangkaian Hardware komputer.

Besarnya kapasitas dan Kecepatan memory utama akan menjadi penentu bagi kelangsungan kinerja komputer, karena setiap proses dalam sistem komputer akan selalu melibatkan memori Utama sebagai Hardware yang melayani CPU.
RAM memiliki beberapa bagian utama, yaitu mulai dari :

  • PCB ( Printed Circuit Board )

papan utama RAM yang tersusun atas beberapa layer, pada setiap lapisan layer terpasang jalur / circuit untuk mengalirkan data ataupun sebagai tempat penyalur daya listrik. semakin luas penampang yang tersedia dalam merancang jalur, memungkinkan jarak antar jalur dan lebar jalur dapat diatur dengan lebih leluasa, dan menghindari noise interferensi antarjalur pada PCB. Dan secara keseluruhan akan membuat modul memory tersebut lebih stabil dan cepat kinerjanya.

  • Contact Point

adalam bagian RAM yang berfungsi sebagai konektor ke Motherboard ,  terdiri atas beberapa titik dan di batasi oleh satu atau dua buah lekukan yang disebut sebagai NOTCH, lekukan ini berfungsi untk mencegah adanya kesalahan dalam pemasangan RAM pada motherboard.

  • DRAM ( Dynamic Random Access memory )

adalah komponen berbentuk kotak yang berwarna hitam terpasang pada PCB RAM, sebagai tempat menampung Data dalam kurun waktu yang singkat, dan harus di-refresh secara berkala ( Periodik ). bentuk dari DRAM sangat beragam.

Jenis-jenis RAM

  1. RAM
  2. DRAM
  3. FPRAM
  4. EDO RAM
  5. SDRAM
  6. DR DRAM
  7. RDRAM
  8. DDR SDRAM
  9. DDR RAM
  10. DDR2 RAM
  11. DDR3 RAM

Demikian artikel mengenai bagamana fungsi RAM komputer, oke dapatkan info fungsi lainnya hanya di Fungsi.info semoga bermanfaat………