Fungsi Retikulum Endoplasma

Fungsi Retikulum EndoplasmaFungsi.info - Retikulum berasal dari kata reticular yang berarti anyaman benang atau jala. Oleh karena itu letaknya memusat pada bagian dalam sitoplasma (endoplasma), maka disebut sebagai retikulum endoplasma (disingkat RE). RE hanya dijumpai didalam sel eukariotik, baik sel tumbuhan maupun sel hewan. Sel kelenjar mengandung lebih banyak RE dibandingkan dengan sel bukan kelenjar. RE memiliki banyak bentuk (polimorfik). Membran RE merupakan penjuluran membran yang berbentuk pembuluh (tubulus), gelembung (vesikula), atau berbentuk kantong pipih. Semua membran menyusun RE memiliki struktur yang sama dengan membran plasma dan membran nukleus, yakni tersusun atas lemak dan protein. Membran RE merupakan kelanjutan dari membran neukleus, hingga ke membran plasma. Dengan adanya sistem endomembran ini, maka seolah-olah terbentuk lumen menyerupai “terowongan” yang menghubungkan neukleus dengan luar sel.

RE dibedakan berdasarkan ada tidaknya ribosom pada membrannya, menjadi RE kasar dan RE halus. RE kasar, yaitu jika membran RE yang berhadapan dengan sitoplasma ditempeli ribosom, sehingga tampak berbintil-bintil. RE halus, yaitu RE yang tidak ditempeli ribosom. Karena ribosom merupakan tempat sintesis protein, maka RE kasar merupakan penampungan protein yang dihasilkan. Protein yang dihasilkan masuk kedalam lumen (“trowongan”), RE Memiliki Fungsi sebagai berikut:

  • sebagai penampang sintesis protein, untuk disalurkan ke kompleks Golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel.
  • mensintesis lemak dan kolesterol.
  • menawarkan racun (detoksifikasi), misalnya RE yang ada di dalam sel-sel hati.
  • jalan transpor dalam memindahkan molekul-molekul dari bagian sel yang satu ke bagian sel lain.

Demikian artikel tentang Fungsi Retikulum Endoplasma yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..