Fungsi Saraf Mata

Fungsi Saraf MataSaraf pada mata memegang peranan penting dalam sistem penglihatan manusia. Semua organ tubuh, termasuk mata, digerakkan dan difungsikan oleh saraf-saraf tertentu yang bertanggungjawab terhadap organ tersebut. Saraf yang bertangungjawab terhadap mata manusia adalah saraf optikus . Saraf optikus adalah kumpulan jutaan serat saraf yang membawa pesan visual dari retina ke otak. Dengan adanya saraf optikus ini, maka rangsangan berupa cahaya bisa di interpretasikan di otak melalui saraf optikus. Tentunya bahwa, saraf optikus mengubah cahaya menjadi stuktur kimia / listrik agar bisa dihantarkan ke sistem saraf pusat (otak).
Bagian mata yang mengandung saraf optikus adalah retina. Retina mengandung saraf-saraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitif adalah makula, yang memiliki ratusan ujung saraf. Banyaknya ujung saraf ini menyebabkan gambaran visuil yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebut menjadi gelombang listrik yang oleh saraf optikus dibawa ke otak. Saraf optikus menghubungkan retina dengan cara membelah jalurnya.
Sebagian serat saraf menyilang ke sisi yang berlawanan pada kiasma optikus (suatu daerah yang berada tepat di bawah otak bagian depan). Kemudian sebelum sampai ke otak bagian belakang, berkas saraf tersebut akan bergabung kembali. Sedangkan saraf yang menggerakkan otot bola mata adalah saraf okulomotoris, saraf ini bertanggungjawab terhadap pergerakan bola mata, membuka kelopak mata, dan mengatur konstraksi pupil mata. Saraf okulomotoris ini lebih banyak berperan untuk mendukung proses penglihatan yang sempurna. Misalnya, jika jumlah cahaya yang masuk ke mata, maka saraf optikus akan menggerakkan iris untuk mengecilkan pupil. Kelainan pada saraf okulomotoris ini, akan menyebabkan kelainan pada pergerakan bola mata seperti mata juling dan lain-lain.
Saraf lainnya yang mempengaruhi fungsi mata adalah saraf lakrimalis yang merangsang dalam pembentukan air mata oleh kelenjar air mata. Kelenjar Lakrimalis terletak di puncak tepi luar dari mata kiri dan kanan dan menghasilkan air mata yang encer. Air mata mengalir dari mata ke dalam hidung melalui 2 duktus lakrimalis; setiap duktus memiliki lubang di ujung kelopak mata atas dan bawah, di dekat hidung. Air mata berfungsi menjaga kelembaban dan kesehatan mata, juga menjerat dan membuang partikel-partikel kecil yang masuk ke mata. Selain itu, air mata kaya akan antibodi yang membantu mencegah terjadinya infeksi. Kelenjar lakrimalis juga akan mengeluarkan air mata jika seseorang dalam keadaan sedih, yang biasa disebut dengan menangis.
Demikian artikel mengenai Fungsi Saraf Mata semoga bermanfaat dan kunjungi fungsi – fungsi lainnya hanya disini.