Fungsi SIM Card pada Handphone

Fungsi SIM Card pada HandphoneFungsi.info – SIM Card adalah sebuah kartu informasi berukuran kecil yang berisikan informasi berlangganan dan juga informasi pribadi lainnya, seperti nomor telepon anda, identitas, dan sebagian kecil data-data lainnya. SIMcard pada umumnya digunakan dalam sistem GSM.

SIMcard tak lain adalah sebuah papan sirkuit kecil berkode, yang diintegrasikan ke dalam ponsel GSM ketika kita berlangganan dengan menggunakan jasa telekomunikasi. SIM card ini menyimpan informasi dari orang yang berlangganan, keamanan data dan serta memori untuk menyimpan nomor pribadi. SIMcard menyimpan informasi yang memungkinkan penyedia layanan jaringan untuk mengidentifikasi penelpon. SIM card seperti kartu memori yang bisa dilepas dan bisa diintegrasikan ke dalam setiap telepon selular / handphone GSM, memungkinkan Anda untuk mempertahankan nomor ponsel yang sama bahkan dalam kasus ketika Anda mengganti ponsel anda. Sebuah chip unik ada didalam SIMcard di semua ponsel GSM.


SIMcard ini bersifat sementara saja, maksudnya adalah dapat dipindahkan pada beberapa telepon seluler / handphone. SIMcard dapat menyimpan data-data seperti nomor telepon, pesan teks , dan data lain. 
SIMcard menyimpan data yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomer pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Ki, Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya..

 

SIMcard terdiri dari 6 pin yaitu :

1. SIMclock, untuk mengatur frekuensi
2. SIMdata, untuk menyimpan data
3. SIMreset, berfungsi untuk mengatur ulang semua proses sinkronisasi
4. Vsim, tegangan / voltase
5. Ground
6. NC , not connected

Ada 3 sumber listrik agar SIMcard ini bisa beroperasi, yaitu 5 v , 3 v, 1.8 v. (ISO/IEC 7816-3 klas A, B, dan C. SIMcard pertama di buat pada tahun 1998, yaitu kartu Munich smart Giesecke & Devrient yang menjual 300 kartu pertama ke operator jaringan nirkabel Finlandia Radiolinja.

Demikian artikel singkat tentang Fungsi SIM Card pada Handphone  yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..