Fungsi Transformator dan Pengertiannya

Fungsi Transformator dan PengertiannyaFungsi transformator amat di butuhkan dalam suatu rangkaian elektronika. sebab transformator berperan untuk menyalurkan tenaga atau daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan yang rendah atau sebaliknya, dengan frekuensi yang sama. transformator atau dikenal juga dengan trafo adalah suatu peralatan listrik yang termasuk didalam klasifikasi mesin listrik statis.

Sistem kerja transformator tenaga pada biasanya di tanahkan pada titik netral, sesuai dengan keperluan untuk sistem pengamanan atau proteksi. contoh transformator ini adalah transformator 150/70 kv yang ditanahkan dengan langsung di sisi netral 150 kv, dan transformator 70/20 kv yang ditanahkan dengan tahanan di sisi netral 20 kv-nya.

Prinsip kerja transformator berdasar pada induksi elektromagnetik dimana tegangan masukan bolak-balik yang membentangi primer menyebabkan fluks magnet yang idealnya semua bersambung dengan lilitan sekunder. fluks bolak-balik ini kemudian menginduksikan gaya gerak listrik (ggl) dalam lilitan sekunder. bila efisiensi sempurna, semua daya pada lilitan primer akan dilimpahkan ke lilitan sekunder.

Dasar teori fungsi transformator adalah bila ada arus listrik bolak-balik yang mengalir melingkari satu inti besi kemudian inti besi itu akan beralih jadi magnet dan seandainya magnet tersebut dikelilingi oleh satu belitan maka pada kedua ujung belitan tersebut akan terjadi beda tegangan yang melingkari magnet, hingga akan timbul gaya gerak listrik (ggl).

Bagian utama dari fungsi transformator terdiri dari suatu inti besi, kumparan transformator, kumparan tersier dan minyak transformator. Masing-masing dari Fungsi Transformator ini amat di butuhkan didalam susunan suatu rangkaian.

Jenis-jenis transformator beraneka ragam, diantaranya ialah transformator step up, transformator step down, autotransformator dan transformator 3 fasa. transformator 3 fasa terdiri dari tiga transformator yang dihubungkan secara khusus satu sama lain. lilitan primer umumnya dihubungkan dengan bintang ( y ) dan lilitan sekunder dihubungkan dengan delta ( Δ ; ).

Sebagian besar dari transformator tenaga mempunyai kumparan-kumparan yang intinya direndam didalam minyak transformator, terlebih pada transformator-transformator tenaga yang berkapasitas besar. sebab minyak transformator memiliki sifat sebagai media pemindah panas serta juga berperan pula sebagai isolasi ( mempunyai daya tegangan tembus tinggi ) hingga berperan sebagai media pendingin dan isolasi sebagai Fungsi Transformator.

Demikian penjelasan singkat tentang Fungsi Transformator dan Pengertiannya semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan jangan lupa kunjungi selalu kami hanya disini..