Khasiat Daun Jambu

Khasiat Daun JambuSetelah sebelumnya kita membahas tentang Manfaat buah jambu bagi kesehatan sekarang kita akan membahas tentang manfaat dan khasiat daun dari buah jambu. Daun jambu biji ternyata memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita, baik untuk kesehatan ataupun untuk obat penyakit tertentu. Dalam penelitian yang telah dilakukan ternyata daun jambu biji memiliki kandungan yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita. Diantaranya, anti inflamasi, anti mutagenik, anti mikroba dan analgesik. Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun jambu biji seperti, polifenol, karoten, flavonoid dan tannin. Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki anti oksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit.

Dalam penilitian yang dilakukan Susi indriani tentang khasiat daun jambu biji sebagai anti oksidan. Ia melakukan pengujian antara daun jambu biji likal dengan daun jambu biji yang lainnya. Dalam pengujianya, ternyata daun biji lokal memiliki potensi anti oksidan yang lebih baik dari pada yang lainnya.

Hasilnya, pada pengujian menggunakan metode tiosianat, ekstrak daun jambu biji putih local mempunyai faktor protektif (kemampuan proteksi) mendekati vitamin E atau tokoferol yaitu sebesar 1.10. Tokoferol sendiri mempunyai faktor protektif sebesar 1.16. Sedangkan daun jambu biji merah faktor protektifnya lebih rendah yakni kurang dari 1. Pada pegujian menggunakan metode TBA, ekstrak etanol dari daun jambu biji putih local dapat menghambat oksidasi lipida sampai 94,19 % terhadap control yang tidak diberi antioksidan.

Ini berarti daun biji jambu terbukti memiliki kemampuan antioksidan. Susi juga meneliti kandungan daun jambu biji putih local. Hasil uji fitokimia ekstrak daun jambu biji menunjukkan senyawa yang terdapat dalam ekstrak adalah tannin, fenol, flavonoid, kuinon, dan steroid. Mengenai senyawa aktif yang mempunyai aktivitas aktioksidan Susi mengatakan, Perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Memanfaatkan Daun Jambu dalam pengobatan :

  • Diare.

    Daun Jambu biji segar seberat 30g ditambah segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas direbus, minum airnya 2 kali sehari. Cara lainnya kunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari.

  • Sariawan.

    Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.

  • Luka berdarah atau borok di sekitar tulang.

    Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit, lakukan beberapa kali sehari.

  • Kencing manis.

    Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong potong, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring terlebih dulu sebelum diminum 2 kali sehari.

  • Ambeien.

    Ambil beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas dan tumbuk keduanya, air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh.

  • Kembung pada anak anak.

    Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

Demikian artikel tentang Khasiat Daun JambuĀ semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya diĀ fungsi.info..