Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Air Putih Bagi KesehatanFungsi.info - Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya.

Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit.

Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya. Berikut adalah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan:

Manfaat Air Putih untuk Memperlancar sistem pencernaan

Apabila kebutuhan cairan dalam tubuh kita terpenuhi, maka kita akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

Manfaat Air Putih untuk Diet dan Tetap Langsing

Air meningkatkan metabolisme dan membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman sarat-kalori dengan air, dan minum segelas sebelum makan untuk membantu Anda merasa lebih kenyang. Minum lebih banyak air juga membantu meningkatkan amper metabolisme – terutama jika gelas Anda dingin. Tubuh Anda harus bekerja untuk menghangatkan air, dalam proses membakar beberapa tambahan kalori.

Manfaat Air Putih dapat Menambah Tenaga 

Jika Anda merasa lelah dan kehabisan tenaga, minumlah air. Dehidrasi membuat Anda merasa lelah. Air membantu darah mentransportasi oksigen dan nutrisi penting lainnya ke sel. Jika Anda mendapatkan cukup air, jantung Anda juga tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

Manfaat Air Putih untuk Menurunkan Stres

85% dari jaringan otak Anda adalah air. Jika Anda mengalami dehidrasi, baik tubuh dan pikiran Anda akan menjadi stres. Jika Anda merasa haus, Anda sudah mengalami sedikit dehidrasi. Untuk menjaga tingkat stres turun, cadangkanlah segelas air di meja Anda atau membawa botol minuman dan minum sedikit demi sedikit secara teratur.

Manfaat Air Putih dapat Membentuk Nada Otot

Air minum membantu mencegah kram dan melumasi otot sendi di dalam tubuh. Bila Anda terhidrasi dengan baik, Anda dapat berolahraga lebih lama dan lebih kuat tanpa “menghantam tembok .”

Manfaat Air Putih untuk Memelihara Kulit
Garis-garis halus dan kerutan lebih dalam ketika Anda mengalami dehidrasi. Air adalah krim kecantikan alami Anda. Minum air menghidrasi sel-sel kulit dan mengankat mereka kembali, membuat wajah Anda tampak lebih muda. Ia juga mengeluarkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, membuat wajah Anda bersih, jernih, dan bercahaya.

Manfaat Air Putih Tetap Teratur
Seiring dengan serat, air sangat penting bagi pencernaan yang baik. Air membantu melarutkan partikel limba dan meluluskan mereka dengan lancar melalui saluran pencernaan Anda. Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda menyerap semua air, meninggalkan usus besar Anda kering dan membuatnya lebih sulit untuk meluluskan kotoran.

Manfaat Air Putih untuk Mencegah kulit keriput
Salah satu faktor terjadinya keriput dini adalah karena kulit terlalu kering. Dengan minum air putih yang cukup, kelembaban kulit anda akan terjaga. Kelembaban tersebut dapat menjaga elastisitas kulit sehingga anda akan terhindar dari keriput dini..

Demikian artikel singkat tentang Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..