Manfaat dan Fungsi Buah Kedondong bagi Kesehatan

Manfaat dan Fungsi Buah Kedondong bagi KesehatanFungsi.info - Buah yang dalam bahasa latin Spondias dulcis Forst dengan tekstur renyah dan rasa manis sedikit asam ini banyak disajikan dalam bentuk asinan, rujak, acar, jus, manisan, jeli, selai, dodol, dan sirup. Ternyata kedondong bukan hanya enak untuk disantap tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, tidak hanya buahnya, bagian lain dari tanaman kedondong juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.Buah kedondong dengan biji seperti berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica.

Daun Kedondong Untuk Lalapan.Daun kedondong muda selama ini banyak dijadikan lalapan dengan cara direbus ataupun dikukus. Kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram daun kedondong antara lain 540 mg Calcium, 82 mg Fosfor, 6,2 mg Besi, 2900 IU Vitamin A dan 29 mg Vitamin C.

Daun Kedondong Untuk Mengobati Serta Borok  dan Luka Terbakar. Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.

Kulit Batang Tanaman Kedondong Untuk Mengatasi Diare. Untuk mengatasi diare, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

Buah Kedondong Untuk Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet. Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna. Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jika ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.

Buah Kedondong Sebagai Obat Batuk Alami. Untuk mengobati batuk, gunakan 3 buah kedondong yang telah dicuci bersih. Lalu parut dan peras airnya tanpa ditambahkan air. Berikan sedikit garam pada air perasan dan ramuan siap utnuk diminum 2 kali sehari.

Buah Kedondong Untuk Anemia. Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 mg, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

Buah Kedondong Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh. Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah kedondong, disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah kedondong. Porsi yang dianjurkan adalah 1-2 buah kedondong yang berukuran kecil, atau 1 buah kedondong berukuran besar, kurang lebih sekitar 50-75 gram per porsi.

Demikian artikel singkat tentang Manfaat dan Fungsi Buah Kedondong bagi Kesehatan yang diambil dari berbagai  sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian jangan lupa kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..