Manfaat dan Fungsi Daun Peppermint bagi Kesehatan

Manfaat dan Fungsi Daun Peppermint bagi KesehatanFungsi.info - Daun peppermint terkenal karena manfaatnya sebagai penyegar mulut dan mencegah nafas tak sedap. Daun peppermint atau dikenal dengan nama ilmiah Mentha piperita adalah sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia. Daun mint merupakan salah satu makanan diet yang sangat baik, karena daun mint mengandung mentol yang dapat mempercepat sirkulasi, meringankan kembung, mual dan kram serta membakar lemak dalam tubuh. Semua ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Di Cina, tanaman ini sudah digunakan sebagaipelangsing alami meskipun masih jarang dipakai. Beberapa penelitian telah membenarkan bahwa peppermint membantu mengurangi rasa lapar, mengontrol nafsu makan dan meningkatkan pencernaan.Sebuah studi dari Wheeling Jesuit University, US, menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi peppermint secara rutin cenderung makan 2.800 kalori lebih sedikit setiap minggu dibandingkan mereka yang tidak. Manfaat lain zat mentol pada daun mint adalah mengurangi sensitifitas kulit, karena sifat zat yang menenangkan. Daun mint juga mengatasi peradangan, kulit terbakar, kulit kusam. Anda dapat mencampurkan irisan daun mint dengan madu sebagai antibakteri dan antioksidan sebagai masker wajah. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Kandungan Daun Mint

Daun mint terdiri terutama dari air, serat, protein abu, dan karbohidrat, kandungan berlimpah mineral seperti yang terdapat dalam persentase tinggi, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor. Berkenaan dengan vitamin yang terdapat pada daun mint adalah vitamin kelompok A, B, C dan D, daun mint juga sangat berlimpah asam amino seperti: arginin, asam aspartat, gluttamico, alanin, leusin, glisin, prolin, serin, dan valin dalam persentase yang sangat tinggi.

Manfaat Daun Mint

  • Perawatan kulit berminyak
    Daun mint telah digunakan sejak puluhan tahun lalu untuk mengatasi kulit berminyak. Mentol yang dikeluarkan disebut mampu mengurangi sekresi minyak dari kelenjar sebasea yang membantu kulit bebas minyak.
  • Mengobati  Depresi, Stres dan Sakit Kepala
    Minyak Mint adalah stimulan, oleh karena itu dapat berguna dalam mengobati depresi, stres dan sakit kepala. Anda bisa menggunakan sabun aroma mint saat mandi atau meneteskan minyak mint ke sarung bantal Anda sehingga Anda dapat menghirupnya.
  • Menurunkan Berat Badan
    Daun mint dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena merangsang pencernaan lemak! Seperti pada bahasan di atas.
  • Sistem pernapasan
    Aroma mint yang kuat juga memberikan manfaat kesehatan pada sistem pernapasan dan digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pernapasan. Hal ini sangat efektif sebagai dekongestan hidung, tenggorokan, bronkus dan paru-paru, dan mengobati gangguan pernapasan tertentu seperti asma dan batuk.
  • Kesehatan Mulut
    Daun Mint juga memiliki fungsi dan manfaat kesehatan untuk mulut. Daun mint sering digunakan untuk merawat Kesehatan mulut, karena daun mint memiliki sifat anti kuman. Anda tinggal mengunyah daun mint untuk melawan pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam mulut, gigi dan lidah.

Demikian artikel singkat tentang Manfaat dan Fungsi Daun Peppermint bagi Kesehatan yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..