Manfaat dan Fungsi Methanol

Manfaat dan Fungsi Methanol

Rumus Methanol

Fungsi.info – Methanol ( CH3OH;metyl alcohol;carbinol;alcohol kayu ) diperoleh dari distilasi destruktif kayu. Merupakan merupakan alcohol yang paling sederhana, dengan rumus kimia CH3OH, beratmolekul 32,04, titik didih 64,5 C(147F), bersifat ringan, mudah menguap, tak berwarna, mudah terbakar, beracun dan berbau khas. Methanol digunakan sebagai bahan penambah bensin, bahan pemanas ruangan, pelarut industry, pada larutan fotokopi, serta sebagai bahan makanan untuk bakteri yang memproduksi protein. Keracunan methanol sering terjadi di Negara kita dan dapatmenyebabkan meningkatnya morbiditas dan mortalitas. Methanol paling banyak dijumpai dalam rumah tangga dalam bentuk “canned heat” atau cairan pembersih kaca mobil

Methanol dapat diabsorbsi kedalam tubuh melalui saluran pencernaan, kulit dan paru-paru.Methanol didistibusikan secara luas dalam cairan tubuh dengan volume distribusi 0,6 L/kg.Methanol secara perlahandimetabolisme di hati. Sekitar 3% dari methanol diekskresikan melalui paru atau diekskresi melalui urin.

Methanol beracun melalui dua mekanisme. Pertama methanol yang telah masuk kedalamtubuh baik melalui, menelan menghirup atau diserap melalui kulit dapat menekan saraf pusat seperti yang terjadi pada keracunan etanol. Kedua methanol beracun setelah mengalamipemecahan oleh enzim alcohol dehidrogenase di hati menjadi asam format dan formaldehida.Dosis yang berbahaya dapat terjadi bila seseorang terekspos terus menerus terhadap uapmethanol atau cairan methanol tanpa menggunakan pelindung. Dosis yang mematikan adalah100-125 ml (4fl oz).

Cara kerja methanol sama dengan cara kerja etanol. Methanol lebih bersifat toksikdibandingkan dengan etanol. Toksisitas methanol semakin meningkat disebabkan olehstukturnya yang tidak murni. metanol diekskresikan secara lambat di dalam tubuh dan kemudiansecara kumulatif methanol dapat bersifat toksik di dalam tubuh. Selama penelanan methanolsecara cepat diabsorbsi dalam traktus gastrointestinal dan dimetabolisme dihati. Pada langkahpertama dari degradasi, methanol diubah menjadi formaldehid oleh ensim alcohol dehidrogenase.Reaksi ini lebih lambat dari reaksi kedua, oksidasi dari formaldehid menjadi asam format olehensim aldehid dehidrogenase. Oksidasi ini berlangsung cepat sehingga hanya sedikit formaldehidyang terakumulasi dalam serum. Hal ini menjelaskan latensi dari gejala antara penelanan dantimbulnya efek. Waktu paruh dari formaldehid adalah sekitar 1-2 menit.

Asam format kemudian dioksidasi menjadi karbondioksida dan air oleh tetrahidrofolat.Metabolism dari asam format sangat lambat sehingga dapat terakumulasi di dalam tubuh yangmenimbulkan asidosis metabolic. Asam format juga menghambat respirasi seluler sehinggaterjadi asidosis laktat.

Kecepatan absorbsi dari methanol tergantung dari beberapa factor, dua factor yang paling berperan adalah konsentrasi methanol dan ada tidaknya makanan dalan saluran cerna. Methanoldalam bentuk larutan lebih lambat diserap dibanding dengan methanol yang murni dan adanyamakanan dalam saluran cerna terutama lemak dan protein akan memperlambat absorbsimethanol dalam saluran cerna. Setelah diabsorbsi, methanol didistribusi ke seluruh jaringan dancairan tubuh kecuali jaringan lemak dan tulang, disini konsentrasi methanol paling rendah.Konsentrasi methanol di dalam darah mencapai maksimum kira-kira setengah sampai satu jam setelah methanol dikonsumsi. Konsentrasi methanol di dalam otak setelah tercapai keseimbanganadalah lebih sedikit dibanding dengan konsentrasi di dalam darah.5

Methanol yang telah diabsorbsi, dimetabolisme di dalam tubuh didalam hepar melaluiproses oksidasi. Secara normal, tubuh dapat memetabolisme 10 gms methanol murni. jika dikonsumsi berlebihan, konsentrasi methanol dalam darah akan meningkat dan orang tersebutakan mulai menunjukkan keluhan dan gejala keracunan alcohol, kecuali orang tersebut telahmengalami toleransi terhadap methanol. Methanol dalam jumlah yang maksimum yaitu 300 ml methanol murni, dapat dimetabolisme dalam tubuh dalam 24 jam. Keracunan methanol dapatmenyebabkan gangguan pada hepar dan ginjal

Demikian artikel tentang Manfaat dan Fungsi Methanol semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..