Manfaat dan Khasiat Minyak Astiri atau Nilam

Manfaat dan Khasiat Minyak Astiri atau NilamFungsi.info - Menurut sejarawan, minyak nilam telah berabad-abad digunakan oleh masyarakat Asia seperti Indonesia, Malaysia, India, Madagaskar, Cina dan sebagian daerah Amerika Latin seperti Paraguay dan Brazil. Harga minyak atsiri di pasar internasional berkisar 1.200.000 rupiah/kg, sedangkan di tingkat pertani Indonesia sekitar 250.000 hingga 300.000 rupiah/kg.

Minyak nilam diperoleh dari cara penyulingan daun nilam yang berupa pachoully alcohol 45-50%. Penyulingan daun nilam dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu direbus, dikukus dan penyulingan dengan uap. OK, kita tinggalkan dulu sejarah, proses dan budidaya nilam. Disini akan kita uraikan beberapa manfaat dan khasiat dari minyak atsiri atau minyak nilam.
  • Minyak atsiri paling umum digunakan adalah sebagai pengusir stress. Oleh karena itu, penggunaan yang teratur dari minyak atsiri dapat memberikan Anda rasa tenang dan nyaman.
  • Minyak atsiri memiliki aroma yang unik. Aroma itu bisa langsung menyentuh fikiran dan jiwa. Itu sebabnya minyak atsiri juga digunakan untuk membuat dupa dan parfum. Untuk menghasilkan aroma minyak atsiri yang unik, minyak atsiri dapat dicampur dengan minyak lain seperti cendana, mawar, melati, mur, dan jeruk.
  • Minyak ini juga digunakan untuk pijat dan aroma terapi. Pijat dengan minyak atsiri dapat menenangkan fikiran dan jiwa, melemaskan syaraf dan yang terpenting dapat menghilangkan stress. Dalam kasus dermatitis (radang kulit) dan depresi, minyak atsiri merupakan obat yang paling mujarab.
  • Minyak ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai masalah penyakit kulitseperti psoriasis, eksim dan dermatitis. Hal itu karena minyak nilam memiliki sifat antiseptik sehingga relatif lebih cepat dalam menyembuhkan penyakit kulit atau luka. Selain itu, minyak ini juga mencegah luka dari infeksi yang lebih lanjut.
  • Minyak ini memiliki sifat anti penuaan (aging) dini. Itu sebabnya minyak atsiri banyak digunakan untuk produk perawatan kulit yang luar biasa. Minyak ini membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat. Juga efektif digunakan untuk bekas luka, keriput dan kulit kering.
  • Minyak atsiri atau minyak nilam juga dapat mencegah timbulnya bau badan. Oleh sebab itu banyak digunakan sebagai bahan deodorant.
  • Tidak banyak yang mempercayai hal ini, tapi kenyataannya minyak atsiri dapat melindungi rumah dari serangga. Karena minyak atsiri juga memiliki sifat insektisida yang tidak disulkai oleh serangga dan dapat membunuh serangga. Bisa digunakan dengan cara disemprotkan atau diuapkan.
  • Minyak atsiri melindungi kulit anda dari berbagai macam kerusakan. Minyak ini juga dapat menyembuhkan luka bakar dan bisul. Dengan penggunaan secara teratur, minyak atsiri dapat menghilangkan bekas ruam akibat penyakit campak dan cacar.
  • Manfaat lain dari minyak atsiri adalah untuk mengobati beberapa masalah seksual seperti hilangnya libido, impotensi, masalah ereksi dan frigiditas (sulit orgasme – biasanya wanita). Selain itu dapat menurunkan kolesterol dan membantu menurunkan berat badan.
  • Minyak atsiri juga bermanfaat untuk digunakan dalam pengobatan seperti batuk, mual, diare, kedinginan dan sakit kepala. Pada saat demam, terutama yang diakibatkan karena infeksi, atsiri adalah obat terbaik.
  • Terakhir, minyak ini membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Demikian artikel singkat tentang Manfaat dan Khasiat Minyak Astiri atau Nilam yang diambil dari sumbernya semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian jangan lupa kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..