Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Manfaat dan Khasiat Minyak ZaitunMinyak istimewa dengan seribu khasiat ini merupakan primadona setiap penduduk dunia. Tidak hanya dikenal di negeri tempatnya berasal, namun gaungnya telah sampai di benua lain puluhan ribu tahun lalu.Khasiat minyak zaitun tidak hanya digunakan dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Minyak ini mampu memberikan kontribusi besar dalam tiap segi kehidupan. Di beberapa negara, minyak zaitun digunakan untuk bahan bakar, bahan baku pembuatan lilin dan lain-lain.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat minyak zaitun yang dapat Anda terapkan di rumah:

1.    Krim cukur
Minyak zaitun dapat diaplikasikan sebagai krim pencukur janggut atau rambut. Selain memberikan hasil yang cukup rapi, vitamin dalam minyak zaitun dapat menghaluskan bulu-bulu bekas cukuran.

2.    Cairan pemoles furniture
Satu sendok teh minyak zaitun ditambah sedikit citrun dapat dimanfaatkan sebagai cairan untuk memoles atau membersihkan furniture kayu. Gunakan kain lembut. Citrun akan memberikan aroma yang wangi dan membuat rileks saat terhirup. Cairan ini dapat diaplikasikan pada furniture yang terbuat dari kulit.

3.    Pelembab kuku
Oleskan minyak zaitun pada kuku tangan dan kaki untuk melembabkan atau campurkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air hangat. Kemudian rendam kuku tangan dan kaki.

4.    Membersihkan sendok dan cangkir takar
Fungsi minyak zaitun adalah untuk membersihkan peralatan. Terkadang sulit untuk membersihkan sisa-sisa bahan pada sendok takar misalnya madu, sirup dan lain-lain. Lumuri sendok dan cangkir takar dengan minyak zaitun kemudian digosok perlahan sampai sisa-sisa bahan makanan hilang.

5.    Merawat kucing
Campurkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam makanan kucing Anda. Minyak zaitun dapat mencegah terjadinya penumpukan jumlah bulu kucing di saluran pencernaan akibat sering menjilati bulu.

6.    Mendengkur dan tenggorokan gatal
Minumlah 1 teguk minyak zaitun untuk melemaskan otot tenggorokan dan mengurangi dengkuran. Jika Anda mengalami tenggorokan gatal atau sakit tenggorokan, Anda dapat mengkonsumsi minyak zaitun.

7.    Memoles peralatan dari baja dan kuningan
Gosoklah peralatan dari baja dan kuningan dengan kain lembut dan minyak zaitun untuk mencegah timbulnya karat, noda dan guratan.

8.    Pengelupasan sel kulit mati di wajah
Gosoklah wajah Anda dengan lembut menggunakan minyak zaitun. Diamkan sebentar kemudian cuci bersih.

9.    Aromaterapi
Minyak zaitun dapat diaplikasikan sebagai minyak aromaterapi esensial untuk dibakar di tungku aromaterapi atau diteteskan dalam air mandi untuk berendam serta sebagai  minyak pijat

10.    Ruam popok
Fungsi minyak zaitun lainnya adalah untuk mengobati ruam popok pada bayi dan balita. Usapkan minyak zaitun pada ruam popok dengan lembut untuk mencegah iritasi akibat ruam popok.

Demikian artikel tentang Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun  semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..