Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan

Manfaat Jambu Air bagi KesehatanJambu air pada hakekatnya merupakan tumbuhan jambu-jambuan. Konon buah yang segar ini berasal dari Asia Tenggara yang dahulu dikenal dengan nama Indocina dan kemudian ikut tersebar di berbagai wilayah Nusantara. Jambu air cukup mudah untuk didapatkan. Harga buah kaya manfaat ini pun cukup murah dibandingkan jenis buah lainnya. Bahkan bagi sebagian orang, tak perlu lagi untuk membeli jambu air sebab telah memilikinya di pekarangan rumah. Jambu air memang populer sebagai tanaman rumahan. Selain murah dan mudah didapatkan, ternyata buah yang satu ini memiliki banyak khasiat. Berikut manfaat jambu air bagi kesehatan.

Mendinginkan Tubuh

Kandungan air dalam buah jambu air cukup tinggi. Para ilmuan menyatakan perbandingannya sebanyak 93 gram per 100 gram. Hal ini menjadikan buah berwarna menarik ini cukup baik untuk mendinginkan tubuh. Dengan komposisi yang hampir 100% cairan, buah segar ini bisa menjadi alternatif untuk menghindarkan tubuh dari kerentanan dehindrasi. Buah ini juga baik untuk kesehatan pencernaan serta memelihara kesehatan ginjal berkat cairannya yang melimpah.

Jambu dan Kecantikan

Manfaat jambu air tak hanya untuk menyegarkan tubuh, tapi juga sebagai modal untuk kecantikan. Air yang melimpah pada buah ini mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan terutama kecantikan. Vitamin C telah lama dikenal sebagai senyawa yang baik untuk menjaga keremajaan sel tubuh. Vitamin ini juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Selain itu, jambu biji juga bisa menjadi penangkal radikal bebas yang rentan merusak sel. Dan kabar baiknya untuk pria, jambu air baik untuk memelihara kesehatan sperma dan meningkatkan kesuburan!

Selain kaya akan vitamin C, ternyata jambu air juga memiliki kandungan vitamin A yang memadai. Selain untuk kecerahan mata, vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan Vitamin A mampu menambah kerja serta fungsi sel darah putih dalam tubuh sehingga lebih kuat menghadapi serangan virus. Berdasarkan fakta tersebut, tidak berlebihan jika kita mengkonsumsi jambu air untuk melawan virus penyakit.

Selain vitamin C dan A, jambu air juga ternyata mengandung serat pangan yang lumayan tinggi. Selain itu, buah yang mudah busuk ini juga memiliki kandungan mineral besi, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, kalium serta fosfor. Senyawa ini memang tidak setinggi pada buah lainnya namun tetap bermanfaat jika dikonsumsi secara teratur.

Demikian artikel tentang Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..