Manfaat Tablet FE Bagi Ibu Hamil

Manfaat Tablet FE Bagi Ibu HamilFungsi.info - Tablet Zat besi (Fe) adalah suatu tablet mineral yang sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah (hemoglobin).

Tablet ini sangat diperlukan oleh ibu hamil. Sudah selayaknya seorang ibu hamil akan mendapatkan minimal 60 tablet Fe selama kehamilannya dan diberikan secara gratis.

Apa Manfaatnya Tablet Fe bagi Ibu Hamil ?

Tablet Fe sangat penting bagi kesehatan ibu hamil, diantaranya yaitu :

·         Mencegah terjadinya anemi defisiensi besi

·         Mencegah terjadinya pendarahan pada saat persalinan

·         Dapat meningkatkan asupan nutrisi bagi janin

·         Anemi dan perdarahan dapat dicegah, maka kematian ibu pun dapat diturunkan

Apa saja bahan-bahan makanan yang mengandung zat besi?

Sumber makanan yang banyak mengandung zat besi terdapat dalam bahan makanan hewani, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau tua misalnya daging, unggas, ikan, kerang, telur, sereal, bayam dan lain-lain. Vitamin C dianggap dapat membantu penyerapan zat besi di usus terutama zat besi yang berasal dari tumbuhan. Sebaliknya teh, kopi dan kalsium dianggap dapat mengurangi penyerapan zat besi jika dikonsumsi dalam dua jam setelah makan makanan kaya zat besi.

Kekurangan pemenuhan Fe oleh tubuh memang sering dialami sebab rendahnya tingkat penyerapan Fe di dalam tubuh terutama dari sumber Fe nabati yang hanya diserap 1-2 %. Penyerapan Fe asal bahan makanan hewani dapat mencapai 10-20%. Fe bahan makanan hewani (heme) lebih mudah diserap daripada Fe nabati (non heme). Keanekaragaman konsumsi makanan sangat penting dalam membantu meningkatkan penyerapan Fe di dalam tubuh. Kehadiran protein hewani, vitamin C, vitamin A, zinc, asam folat, zat gizi mikro lain dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Manfaat lain mengkonsumsi makanan sumber zat besi adalah terpenuhinya kecukupan vitamin A karena makanan sumber zat besi umumnya adalah sumber vitamin A.

Gejala Kekurangan Zat Besi

Beberapa gejala yang dapat dikenali secara dini :

1  Lemah

2  Pusing

3  Mata berkunang-kunang

4  Mual

5  Pucat

6  Rambut kering, rapuh, dan tipis

7  Sering sariawan

8  Kuku tipis kering

9  Denyut jantung cepat

10  Nafas cepat

Yang Perlu Diperhatikan

Ketika seseorang akan mengkonsumsi zat besi, maka perlu untuk menghindari teh atau kopi. Karena teh dan kopi dapat mengurangi didalam penyerapan zat besi dalam tubuh.

Kebutuhan / dosis zat besi selama kehamilan

Tablet zat besi diberikan pada ibu hamil sebanyak satu tablet setiap hari berturut-turut minimal selama 90 hari selama masa kehamilan. Tablet zat besi mengandung 200 mg ferro sulfat setara dengan 60 miligram besi elemental dan 0,25 mg asam folat.

Demikian artikel singkat tentang Manfaat Tablet FE Bagi Ibu Hamil yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..