Menjaga Kesehatan Otak Manusia

Menjaga Kesehatan otakFungsi.info -  Hallo sobat akhirnya setelah sekian lama tidak posting artikel yang sangat bermanfaat bagi kita semua tapi sekarang saya mau berbagi info dengan sahabat semuanya mengenai cara bagaimana merawat otak kita langsung saja yaa… Otak, seperti bagian tubuh yang lain haruslah dijaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal. Bukan hanya latihan, nutrisi yang dibutuhkan otak pun harus tercukupi dan masih banyak cara lain untuk menjaga kesehatan otak yang dapat mencegah terjadinya demensia. Apa saja ya?

Stimulasi mental -

Memecahkan masalah, seperti bermain TTS, bermain game, atau menyelesaikan soal matematika merupakan berbagai ‘senam mental’ yang bisa Anda coba. Kegiatan senam mental tersebut merupakan stimulasi yang merangsang koneksi baru antara sel-sel saraf atau membentuk sel-sel baru. Dengan begitu, sel-sel yang rusak dapat diperbaiki, bahkan digantikan dengan yang baru.

Latihan fisik -

Olahraga akan membantu tubuh meningkatkan jumlah pembuluh darah kecil yang mengalirkan darah ke otak. Dengan begitu, pasokan oksigen ke otak yang bertanggung jawab untuk berpikir akan meningkat. Olahraga juga mampu membantu perkembangan sel saraf dan hubungan antar sel otak, sehingga otak akan lebih adaptif.

Makanan bernutrisi -

Perhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol. Selain itu, dapatkan vitamin B, terutama vitamin B6, B9, dan B12 dari makanan Anda untuk mencegah terjadinya demensia.

Menjaga tekanan darah -

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penurunan kemampuan kognitif ketika umur semakin menua. Untuk itu, pastikan untuk tetap menjaga tekanan darah diambang normal dan hindari stres.

Menjaga kadar gula darah -

Diabetes memegang pengaruh penting dalam risiko demensia. Jika tidak ingin mengalami demensia, ada baiknya Anda mencegah terjadinya diabetes sejak saat ini. Berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat dapat membantu untuk mencegah diabetes. Namun, jika Anda telah memiliki diabetes, ada baiknya meminum obat secara teratur agar kadar gula darah tidak meninggi.

Hindari rokok – ( hahaha ini kalo bisa si peace ya yang perokok)

Sulit memang untuk berhenti dari rokok. Namun, rokok dan tembakau yang mengandung banyak racun akan meningkatkan risiko dan memperparah demensia. Untuk itu, hindari rokok mulai saat ini.

Jaga emosi – ( hayoo siapa yang suka esmosi eh emosi tidak boleh ya )

Rasa cemas, depresi, insomnia, kurang tidur, dan kelelahan akan mengacaukan fungsi kognitif otak. Akibatnya, risiko kemampuan kognitif akan menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, menjaga emosi agar tetap stabil adalah langkah ampuh untuk menghindari demensia.

Membangun jaringan sosial -

Ikatan sosial yang baik dengan orang lain akan menjaga tekanan darah Anda, serta dapat meningkatkan harapan hidup. Selama masih bisa, usahakan untuk membangun jaringan sosial seluas-luasnya dengan orang-orang disekitar Anda.

Cukup mudah bukan untuk menjaga kesehatan otak dan menghindari demensia? Yuk, share artikel ini ke teman-teman Anda dan ajak mereka untuk menjaga kesehatan otak bersama! Terima kasih salam FUIN  ( Fungsi.info ).