Tips Mengganti Minyak Rem pada Kendaraan

Tips Mengganti Minyak Rem pada KendaraanFungsi.info – Setelah di artikel sebelumnya kita membahas bagaimana fungsi tentang Rem Cakram sekarang untuk sobat Fuin ( fungsi.info) kita akan membahas bagaimana merawat atau mengganti minyak rem pada rem cakram khususnya pada kendaraan sepeda motor sobat fuin sekalian Berikut ini tips bagi Anda untuk mengganti minyak rem untuk rem depan yang ingin mencoba mengerjakan sendiri. Cara ini bisa diaplikasikan pada rem cakram belakang juga.

A. Persiapkan peralatan peralatan sbb ;

1. Obeng kembang ukuran sedang – untuk membuka tutup master rem
2. Gayung yang berisi air secukupnya – tempat air bersih untuk membersihkan minyak rem
3. Lap yang dicelupkan ke air – untuk membersihkan minyak rem apabila tumpah
4. Selang kecil transparan – memeriksa udara palsu dari selang rem cakram
5. Minyak rem Dot3/Dot4

B. Langkah pertama buka master rem dengan obeng kembang

1. Masukkan minyak rem ke dalam master rem secara perlahan-lahan
2. Pasangkan selang pada nipel kaliper rem cakram
3. Pompa handle rem secara kontinyu sampai terasa keras
4. Tahan handle rem lalu buka/kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar, lalu keraskan lagi nipelnya
5. Lakukan langkah 5 dan 6 sampai gelembung pada selang sudah hilang dan jarak main handle rem ± 2 – 3 Cm, tambahkan minyak rem apabila kapasitasnya berkurang.
6. Dalam melakukan langkah diatas harus secara perlahan-lahan atau hati-hati, jangan sampai minyak rem menumpahi bagian sepeda motor yang terbuat dari bahan plastic yang di cat, sebab apabila terkena bahan tersebut, maka akan merusak bahan dan catnya.
7. Apabila terjadi kecelakaan/minyak rem tumpah, maka segera lap dengan menggunakan kain yang sudah di celupkan ke dalam air, dan bersihkan minyak rem sampai bersih
8. Setelah hasilnya maksimal, tutup kembali master rem dan cek kembali kekerasa n baut-baut master rem dan nipel pada kaliper rem.
9. Selesai…

Penting untuk di perhatikan, selama mengganti / service rem, jangan sampai minyak rem tumpah mengenai cover atau part yang terbuat dari plastic, karena bisa menyebabkan cat mengelupas. Selain itu, juga disarankan memakai minyak rem standar sesuai rekomendasi pabrikan.Tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, setelah memasang kampas rem cakram hendaknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah hasil pemasangan sudah beres dan normal, pengecekan dan tindakan tersebut diantaranya adalah : 1. Diputar terebih dahulu rodanya setelah pemasangan rem cakram baru, dengan distandarkan dua. Jika masih seret, berarti kampas masih menggesek bagian piringan cakram. 2. Amati bekas gesekan apakah ditengah atau dipinggir. Jika terjadi di tengah dan tidak merata, kemungkinan kampas tidak presisi dan rata dari pabrikan hal demikian memungkinkan karena berbagai faktor, cukup dipres dengan ragum agar rapat dan presisi, jika bekas gesekan terjadi dipinggir, cukup menggerinda bekas gesekan kampas tersebut hanya dibagian pinggir/tepi kampas, hal tersebut biasanya terjadi karena piringan cakram sudah tipis pada bagian yang terkena gesekan kampas lama, adapun ditempat yang tidak terkena kampas masih tebal, nah bagian yang tebal tersebut yang masih menggesek kampas baru dan membuat seret , makanya kampas digerinda disisi bekas gesekan saja.

Demikian artikel tentang Tips Mengganti Minyak Rem pada Kendaraan semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..