Fungsi Mouse

Sebelum kita mengetahui fungsi mouse itu apa, ada baiknya kita mengetahui dulu sebenarnya mouse itu apa. Definisi mouse menurut wikipedia adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain menggunakan (keyboard) papan tombol. Dapat dibayangkan jika tidak ada mouse, sangat sulit untuk mengoperasikan sebuah komputer yang memiliki sistem seperti operasi Windows. Karena kita harus menghafalkan satu persatu kombinasi tombol (shortcut) untuk menjalankan suatu perintah.

Fungsi Mouse dan kegunaannya

Mouse atau tetikus adalah termasuk salah komponen atau aksesoris yang cukup penting. Di namakan mouse karena modelnya seperti seperti seekor tikus yang memiliki kabel seperti ekor. Mouse merupakan sebagai perangkat input, yang artinya perangkat yang berfungsi jika ada perintah dari pemakai. Perangkat input yang wajib dan tidak kalah penting dalam sebuah komputer adalah keyboard (papn tombol).

Mouse sebagai perangkat input sudah banyak mengalami perubahan baik dalam desain maupun fungsi mouseitu sendiri (fiturnya). Di bawah terdapat gambar mouse yang diciptakan pertama kali oleh Douglas Angelbart, dilahirkan pada tahun 1925, di Oregon. Mouse pertama kali ditemukan sekitar pada tahun 1942.

Mouse pertama kali masih tergolong lebih besar ukurannya dan modelnya juga sangat kaku, tapi tanpa mouse yang pertama kali ini, tidak akan ada juga mouse-mouse yang sekarang kita pakai. Mouse yang berkabel sampai saat ini masih ada, tapi ukurannya jauh lebih kecil dan modelnya juga lebih bagus (manis) daripada mouse yang pertama kali diciptakan.

Fungsi Mouse dan cara kerjanya

Mouse yang sering kita pakai adalah mouse yang berkabel, yang cara penggunaannya dengan menggeser ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Seiring perkembangan jaman diciptakannya juga mouse wireless yaitu mouse yang mampu bekerja tanpa kabel karena media kabel sudah di gantikan dengan media wireless baik via bluetooth maupun infrared. Disamping kelebihannya fungsi mouse ini (tanpa kabel), pasti ada kelemahannya juga yaitu mouse ini masih menggunakan baterai, jika baterainya habis mouse tersebut tidak berfungsi dan harus di ganti baaterai yang baru lagi.

Seiring perkembangannya juga, saat ini sudah hadir mouse yang dioperasikan tanpa perlu menggeser-geserkan tangan ke atas bawah kanan kiri, cukup dengan memainkan jari tanpa menggeser semua tangan. Perkembangan teknologi juga sudah menggeser media input mouse dan keyboard dengan hadirnya touch pad. Dengan touch pad kedua perangkat input (mouse dan keyboard ) lambat laun pasti tergantikan.

Semoga informasi fungsi mouse di atas dapat bermanfaat buat Anda.