Fungsi Flashdisk Pada Komputer

Fungsi flashdisk adalah sebagai media penyimpanan dan transfer data yang paling populer dan tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan sehari-hari kita yang berhubungan dengan komputer. Perkembangan flashdisk juga cukup cepat dimulai dengan hanya berkapasitas beberapa MB pada awal kemunculannya, hingga puluhan GB yang tersedia saat ini. Flashdisk memang telah jauh meninggalkan dominasi media penyimpanan dan transfer data yang lebih dulu ada dan cukup populer pada masanya yaitu disket.

Namun sebenarnya flashdisk tidak hanya selalu digunakan untuk menyimpan atau transfer data antar komputer. Flashdisk juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi sebuah media yang mempunyai banyak fungsi. Simak ulasan 6 Fungsi lain dari flashdisk berikut ini :

  1. Mengunci dan membuka kunci komputer. Dengan sebuah software khusus yang bernama Predator, Anda bisa menggunakan flashdisk untuk menjadi “kunci” bagi komputer Anda. Cara ini akan lebih aman daripada hanya sekedar menggunakan password untuk melindungi komputer.
  2. Menghilangkan virus yang menyerang komputer. Anda bisa menginstal sebuah antivirus portable pada flashdisk untuk mengantisipasi serangan virus yang mengancam komputer. Salah satunya bisa menggunakan AVG Rescue.
  3. Menjalankan game, aplikasi dan utilitas portable. Anda bisa menjalankan aplikasi portable seperti Firefox, Chrome, OpenOffice atau aplikasi lain yang bisa diinstal pada media portable. Ini akan sangat membantu jika Anda sedang memakai komputer lain yang tidak tersedia aplikasi tersebut, padahal Anda sedang membutuhkannya.
  4. Menjalankan sistem operasi Linux. Seiring dengan bertambahnya ukuran flashdisk yang tersedia di pasaran, kini Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah flashdiskbootable yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan OS Linux misalnya untuk  mengambil data-data dari sistem operasi Windows Anda yang sedang terserang virus.
  5. Menjaga komputer Windows Anda. Selain bisa digunakan untuk mengunci komputer, ada fungsi lain yang bisa kita manfaatkan dari sebuah flashdisk berkaitan dengan komputer Windows. Dengan menginstal software yang bernama Parted Magic di flashdisk, Anda bisa mereset password Windows, kloning sistem Windows, hingga mempartisi harddsik.
  6. Menjadikan flashdisk sebagai hadiah atau kado. Memberikan flashdisk sebagai hadiah tentu sudah sering kita temui, namun jika Anda bisa memanfaatkan kelebihannya kado tersebut akan lebih berkesan. Misalnya Anda ingin memberikan kado kepada orang yang Anda sayangi. Sebelum menyerahkannya, terlebih dahulu isi flashdisk dengan beberapa file seperti foto-foto kenangan, video yang sudah diedit, atau pun catatan dan puisi yang ditujukan kepada orang tersebut. Ini akan memberikan nilai lebih pada kado Anda, dan tidak hanya sekedar flashdisk “biasa”. Semoga bermanfaat..