Fungsi Mata

Fungsi Mata adalah sebagai alat untuk melihat. Atau bisa kita katakan juga mata berfungsi untuk mendeteksi dan menerima rangsang berupa Cahaya.

Proses melihat pada fungsi mata

Sebenarnya yang dilakukan mata adalah menangkap pantulan cahaya pada suatu benda. Cahaya dipantulkan oleh benda tersebut ke dalam mata menembus kornea dan diteruskan melalui pupil. Lalu cahaya diteruskan ke lensa mata. Lensa mata mengatur kecembungannya agar cahaya dapat jatuh tepat di retina. Bayangan yang jatuh ke retina bersifat terbalik dan diperkecil. Di retina cahaya diterima oleh sel-sel penglihatan di bintik kuning dan diteruskan oleh saraf ke otak. Otak akan mengolah dan menginterpretasikan stimulasi cahaya sehingga kita tahu jenis benda yang terlihat atau kata lainnya kesan visual.

Struktur Luar mata

  1. Alis, berfungsi untuk melindungi mata dari keringat
  2. Kelopak, berfungsi untuk melindungi mata dari kotoran dan debu
  3. Kelenjar air mata, berfungsi menjaga mata supaya tidak kering dengan cara menghasilkan air mata.
  4. Bulu mata, berfungsi untuk melindungi mata dari cahaya dan debu

Struktur dalam mata

  1. Kornea, berfungsi menerima cahaya dari sumber cahaya dan membantu memfokuskan bayangan benda pada retina.
  2. Pupil, berfungsi untuk menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam
  3. Lensa mata, berfungsi untuk mengatur fokus cahaya sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. saat melihat objek/cahaya yang jauh lensa mata kan menipis . Sedangkan saat melihat objek yang dekat lensa mata akan menebal.
  4. Retina, Fungsi bintik kuning pada retina adalah untuk menerima cahaya dan meneruskan ke otak.
  5. Saraf optik, berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya menuju ke otak dan memberikan kesan visual. Semoga bermanfaat…