Tips Membuat Halaman Privacy Policy pada Blog

Tips Membuat Halaman Privacy Policy pada BlogFungsi.info – Privacy Policy atau Kebijakan Privasi sebenarnya penting untuk Anda yang ingin memonetasi situs Anda. Hal ini dianjurkan oleh Google ketika Anda hendak menjadi publisher Google Adsense, tetapi memang tidak diharuskan. Lalu apa sebenarnya Privacy Policy itu?

Privacy Policy merupakan halaman khusus yang berisi kebijakan yang Anda terapkan sebagai pemilik situs kepada para pengunjung situs Anda. Hal ini terkait dengan bagaimana pengunjung bisa berkomunikasi dengan Anda, hal-hal apa yang harus dipahami pengunjung mengenai situs Anda, dan apa saja kebijakan yang Anda tetapkan sebagai pemilik situs yang harus ditaati oleh pengunjung situs Anda.

Jika Anda ingin melihat contoh Privacy Policy, silahkan klik disini. Jika Anda hendak mendaftarkan diri sebagai publisher Google Adsense, membuat halaman kebijakan privasi menjadi sesuatu yang perlu Anda lakukan agar keprofesionalan situs Anda memiliki nilai plus di mata Google. Hal ini juga membantu Anda untuk memilki otoritas tersendiri sebagai pemilik situs. Lalu bagaimana cara membuat halaman Privacy Policy?

Anda tidak perlu repot dalam membuatnya, cukup mengikuti langkah-langkah singkat yang saya berikan di bawah ini:

1. Silahkan buka situs ini terlebih dahulu: http://www.serprank.com/privacy-policy-generator/index.php dan akan tampak halaman seperti gambar di bawah ini: Membuat Halaman Privacy Policy

2. Silahkan isi data-data Anda dan situs Anda.

Keterangan:

- Di bagian General Site Information, silahkan isi URL situs Anda dan juga alamat email yang Anda gunakan terkait situs Anda.

- Di bagian Use of Cookies, silahkan centang YES jika situs Anda menggunakan Cookies dan centang NO jika tidak.

- Di bagian Advertiser Information, centang pihak ketiga yang mana saja yang terlibat dalam monetasi situs Anda.

3. Setelah semuanya selesai silahkan klik Create My Privacy Policy. Setelah itu sebuah halaman baru akan terbuka seperti gambar di bawah ini:

SeniBerpikir_HTMLPrivacyPolicy

4. Halaman yang terbuka tersebut berisi kode HTML yang telah Anda buat tadi untuk diletakkan di halaman Privacy Policy di situs Anda.

5. Copy seluruh kode tersebut terlebih dahulu.

6. Masuk ke Dashboard dan buat Halaman/Page baru. Isi judulnya dengan Privacy, Privacy Policy, atau Kebijakan Privacy. Masukkan kode tersebut lalu terbitkan/save.

7. Halaman Privacy Policy yang ada tertulis dengan bahasa Inggris. Jika Anda berniat untuk menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, silahkan terjemahkan tanpa mengurangi informasi apapun yang tertulis dari halaman Privacy Policy yang berbahasa Inggris yang tadinya sudah Anda buat.

8. Halaman Privacy Policy Anda sudah jadi.

Lakukan tutorial di atas dengan benar sehingga halaman Privacy Policy di dalam blog Anda sudah tampil dan bisa diakses. Ubah isi halaman privacy policy dengan informasi-informasi tambahan yang perlu Anda tambahkan. Ubah bahasa dengan menerjemahkan kalimat demi kalimat yang sudah dibuat. Intinya isi privacy policy biasanya akan tampil seperti apa yang sudah kita buat.

Demikian artikel singkat tentang Tips Membuat Halaman Privacy Policy pada Blog yang diambil  sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian jangan lupa kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..