Fungsi Organ Corti

Fungsi Organ CortiFungsi.info – Organ Corti adalah organ yang terletak di telinga belakang mamalia. Di dalam organ ini, terdapat sel indra pendengaran, atau “sel rambut.” Organ ini ditemukan oleh anatomis Italia, Marquis Alfonso Giacomo Gaspare Corti (1822-1876), sehingga nama organ ini diambil dari namanya.

Koklea mengandung organ Korti untuk pendengaran.

Koklea terdiri dari tiga saluran yang sejajar

  • saluran vestibulum yang berhubungan dengan jendela oval
  • saluran tengah
  • saluran timpani yang berhubungan dengan jendela bundar, dan saluran (kanal) yang dipisahkan satu dengan lainnya oleh membran.

Di antara saluran vestibulum dengan saluran tengah terdapat membran Reissner, sedangkan di antara saluran tengah dengan saluran timpani terdapat membran basiler. Dalam saluran tengah terdapat suatu tonjolan yang dikenal sebagai membran tektorial yang paralel dengan membran basiler dan ada di sepanjang koklea. Sel sensori untuk mendengar tersebar di permukaan membran basiler dan ujungnya berhadapan dengan membran tektorial. Dasar dari sel pendengar terletak pada membran basiler dan berhubungan dengan serabut saraf yang bergabung membentuk saraf pendengar. Bagian yang peka terhadap rangsang bunyi ini disebut organ Korti.

Demikian artikel tentang Fungsi Organ Corti  yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat Fuin ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..