Fungsi Widget dalam WordPress

Fungsi Widget dalam WordPressFungsi.info - Dalam sebuah blog yang menggunakan flatform WordPress, tentunya terdapat berbagai widget dengan fungsinya masing-masing. Permasalahannya kita sering tidak mengetahui fungsi-fungsi masing – masing widget sehingga kita tidak bisa mengelola blog kita secara maksimal. Belum lagi widget-widget tersebut bisa terus bertambah ketika kita memasang plugin atau kita mengganti themes pada blog kita. Berikut beberapa fungsi widget default wordpress :

Untuk mengenali fungsi widget yang ada, langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Silahkan login ke dashboard wordpress anda.
  • Alihkan perhatian kesebelah kiri monitor, arahkan pointer mouse pada menu Appearance lalu pilihWidget
  • Akan terlihat deretan widget yang tersedia yang siap kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.
  1. Akismet Widget : adalah plugin bawaan wordpress untuk mengantisipasi komentar spam. Fungsi dari widget akismet ini adalah untuk menampilkan berapa banyak jumlah komentar spam yang telah di blok oleh plugin tersebut.
  2. Categories berfungsi untuk menampilkan kategori blog anda, ini tentu berjalan secara otomatis. Apabila anda membuat kategori yang baru, tentu kategori tersebut akan otmatis di tampilkan.
  3. Links : berfungsi untuk meanampilkan link disidebar.
  4. Pages : adalah untuk menampilkan judul dari static pages atau laman statis yang ada di blog anda.
  5. Recent Posts : berguna untuk menampilkan artikel terbaru blog anda. Memasang Widget Recent Posts seringkali membuat pengunjung blog kita lebih berlama-lama membaca blog kita karena pengunjung akan membaca judul-judul postingan kita.
  6. Search : berguna untuk manampilkan form pencarian di blog anda.
  7. Text : berguna untuk memasukan tulisan/teks di sidebar, namun widget inipun dapat juga digunakan untuk memasang Javascrip, misal script hitstat, sitemeter, shoutbox dan script lainnya.
  8. Archives : berguna untuk menampilkan arsip dari blog anda.
  9. Calendar : berfungsi untuk memasang kalender.
  10. Custom Menu : Berfungsi untuk menampilkan menu yang telah kita buat.
  11. Meta : berguna untuk menampilkan link admin, login/logout, RSS dan link ke wordpress.org
  12. Recent Comments : adalah untuk menampilkan komentar terbaru yang masuk ke blog kita. Dengan meanampilkan widget ini, kita bisa mengetahui apakah ada komentar baru yang masuk atau tidak, sehingga anda dapat membalas komentar tersebut dengan cepat bila anda memang perlu untuk membalasnya.
  13. RSS : berfungsi untuk menampilkan judul post dari RSS blog yang anda inginkan.

Demikian artikel singkat tentang Fungsi Widget dalam WordPress yang diambil dari berbagai sumber semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan sobat ” Fuin “ ( Fungsi.info) sekalian kunjungi terus berbagai info lainnya hanya di fungsi.info..